The Deal (film 2003)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Deal (film 2003)
Berkas:The Deal (2003 film) poster.jpg
DVD cover (Region 2)
Penulis Peter Morgan
Sutradara Stephen Frears
Pemeran
Komposer lagu tema Nathan Larson
Negara United Kingdom
Produksi
Produser Christine Langan
Penyunting Lucia Zucchetti
Sinematografi Alwin H. Küchler
Durasi 76 mins.
Rumah produksi Granada Television
Siaran
Stasiun televisi Channel 4
28 September 2003

The Deal adalah film televisi Inggris yang disutradarai oleh Stephen Frears berdasarkan skenario yang ditulis oleh Peter Morgan, diangkat dari buku The Rivals karya James Naughtie. Film ini dibintangi oleh David Morrissey sebagai Gordon Brown dan Michael Sheen sebagai Tony Blair, yang mengungkap tentang dokumen kesepakatan antara Blair dan Brown yang tidak ingin mencalonkan diri dalam pemilihan ketua Partai Buruh pada tahun 1994, jadi Blair dapat melenggang dan akhirnya berhasil menduduki jabatan sebagai perdana mentri. Film ini berlatar waktu mulai 9 Juni 1983 saat di mana Blair dan Brown meraih suara terbanyak di parlemen Inggris.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Michael Sheen saat kali pertama tampil sebagai Tony Blair dalam The Deal

The Deal kali pertama diajukan oleh Morgan pada akhir 2002 dan dibeli oleh Granada Television untuk ITV. Setelah Frears menyetujui untuk menyutradarai dan nama para pemeran disusun, ITV justru menarik diri dari produksi itu dengan alasan tidak ingin terkena dampak oleh sensitivitas kepentingan politik yang terjadi saat itu. Lalu Channel 4 mengambil alih produksi film ini dan mengerjakan selama lima pekan, sejak Mei 2003. Film ini mulai mengudara pada 28 September 2003, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Partai Buruh Inggris.

The Deal cukup menuai ulasan dan pujian dari para kritikus film. Morrissey bahkan memenangi penghargaan dari Royal Television Society atas perannya sebagai Brown, dan Frears dinominasikan untuk kategori Outstanding Directorial Achievement. Film ini juga dinominasikan dalam International Emmy untuk kategori Serial Film Televisi Terbaik. Sheen kemudian bertemu kembali dengan Morgan, Frears, dan produser Christine Langan pada tahun 2006 yang dipercaya kembali memerankan sebagai Blair dalam The Queen, bersamaan dengan kematian Diana Spancer pada 31 Agustus 1997. Sheen dipercaya kembali memainkan perannya dalam film The Special Relationship tahun 2010, yang salah satu alurnya menyorot kedekatan antara Blair dan Bill Clinton sampai dengan sumpah jabatan Clinton saat menggantikan George W. Bush. Film ini ditayangkan di BBC Two Inggris dan HBO di Amerika Utara.[1][2][3][4][5][6][4][7][8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brooks, Richard (13 October 2002). "Blair and Brown to be TV double act". The Sunday Times (Times Newspapers): p. 5.
  2. ^ Wells, Matt (2 April 2003). "ITV ditches Blair-Brown drama". MediaGuardian (Guardian News and Media). Retrieved on 21 February 2008.
  3. ^ Gritten, David (20 September 2003). "The power, the glory—and the heartbreak". The Daily Telegraph (Telegraph Media Group).
  4. ^ a b Naughtie, James (6 September 2003). "The real deal". The Times (Times Newspapers): p. 48.
  5. ^ Hoggard, Liz (20 March 2004). "David Morrissey: The unlikely lad". The Independent (Independent News & Media).
  6. ^ "Interview with Stephen Frears". Channel4.com. Archived from the original on 8 October 2008. Retrieved on 19 November 2009.
  7. ^ Wolf, Matt (13 April 2003). "He's got the power". The Sunday Times (Times Newspapers): p. 14. "Will was doing a very accurate version of Ali, but it never got in the way of a real character just doing the scene, and I thought that was great. That's what I aspire to, I suppose—something that isn't just an impersonation."
  8. ^ Douglas, Edward (20 October 2006). "Exclusive: Michael Sheen of The Queen". ComingSoon.net. Retrieved on 21 February 2008. Archived 11 April 2008 at the Wayback Machine.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]