Lompat ke isi

The Dawn of Everything

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The Dawn of Everything: A New History of Humanity
PengarangDavid Graeber &
David Wengrow
SubjekHuman history
PenerbitAllen Lane
Tanggal terbit
19 Oktober 2021 (2021-10-19)
Halaman704
ISBNISBN 978-0-241-40242-9
Situs webhttps://dawnofeverything.industries


The Dawn of Everything: A New History of Humanity adalah buku karya antropolog dan aktivis David Graeber, dan arkeolog David Wengrow. Pertama kali diterbitkan di Inggris pada 19 Oktober 2021 oleh Allen Lane (sebuah cetakan dari Penguin Books ).[1] Buku tersebut masuk dalam nominasi Orwell Prize for Political Writing (2022).[2]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Para penulis buku ini menyatakan bahwa pandangan populer saat ini mengenai kemajuan peradaban barat, seperti yang dikemukakan oleh Francis Fukuyama, Jared Diamond, Yuval Noah Harari, Charles C. Mann, Steven Pinker, dan Ian Morris, tidak didukung oleh bukti antropologis atau arkeologis. Buku karya mereka (Sapiens karya Yuval Noah Harari, The World Until Yesterday karya Jared Diamond, dan The Origins of Political Order karya Francis Fukuyama) mempunyai asumsi yang sama: ketika masyarakat menjadi lebih besar, lebih kompleks, kaya dan “beradab”, mereka pasti akan menjadi semakin tidak setara. Konon, manusia purba hidup seperti penjelajah Kalahari, dalam kelompok kecil yang bergerak dan bersifat egaliter dan demokratis. Namun keindahan primitif atau neraka Hobbesian ini (pandangan berbeda) menghilang seiring dengan pemukiman dan pertanian, yang memerlukan pengelolaan tenaga kerja dan tanah. Kemunculan kota-kota awal, dan akhirnya negara, menuntut hierarki yang lebih curam, dan bersamaan dengan itu seluruh paket peradaban – pemimpin, administrator, pembagian kerja dan kelas sosial. Pelajaran yang bisa diambil jelas: kesetaraan dan kebebasan manusia harus ditukar demi kemajuan.

Graeber dan Wengrow melihat asal usul narasi “stagist” ini dalam pemikiran Pencerahan, dan menunjukkan bahwa narasi tersebut sangat menarik karena dapat digunakan oleh kaum radikal maupun liberal. Bagi kaum liberal awal seperti Adam Smith, hal ini merupakan kisah positif yang dapat digunakan untuk membenarkan peningkatan kesenjangan yang disebabkan oleh perdagangan dan struktur negara modern. Namun variasi cerita ini, yang dikemukakan oleh filsuf Jean-Jacques Rousseau, terbukti bermanfaat bagi kaum kiri: dalam “keadaan alami” manusia pada awalnya bebas, namun dengan hadirnya pertanian, properti, dan sebagainya, ia berakhir dengan kebebasan. dirantai. Dan Friedrich Engels menggabungkan dongeng Rousseau yang “biadab mulia” dengan ide-ide evolusioner Darwinis, untuk menghasilkan narasi Marxis yang lebih optimis mengenai kemajuan sejarah: komunisme primitif digantikan oleh kepemilikan pribadi dan negara, dan kemudian oleh komunisme proletar yang modern.

Kisah inilah – baik dalam bentuk liberal maupun radikal – yang ingin dibongkar oleh Graeber dan Wengrow menggunakan penelitian antropologi dan arkeologi terkini. Penggalian di Louisiana, misalnya, menunjukkan bahwa pada sekitar tahun 1600 SM, penduduk asli Amerika membangun pekerjaan tanah raksasa untuk pertemuan massal, menarik orang dari jarak ratusan mil – bukti yang mematahkan anggapan bahwa semua penjelajah menjalani kehidupan yang sederhana dan terisolasi.

Sementara itu, apa yang disebut “revolusi pertanian” – tawar-menawar Neolitik Faustian ketika umat manusia menukar kesederhanaan egaliter dengan kekayaan, status dan hierarki – tidak terjadi. Peralihan dari mencari makan ke pertanian berjalan lambat dan tidak merata; sebagian besar dari apa yang dianggap sebagai pertanian sebenarnya adalah hortikultura skala kecil, dan sangat cocok dengan struktur sosial yang datar. Demikian pula, kebangkitan kota tidak memerlukan raja, pendeta, dan birokrat. Pemukiman di lembah Indus seperti Harappa (tahun 2600 SM) tidak menunjukkan tanda-tanda adanya istana atau kuil dan malah menunjukkan kekuasaan yang tersebar dan tidak terkonsentrasi. Meskipun Graeber dan Wengrow terbuka mengenai bukti yang sangat terbatas dan perselisihan mengenai penafsirannya, mereka membangun kasus yang meyakinkan.[3]

Mereka menekankan keragaman dan hibriditas masyarakat manusia purba – yang bersifat hierarkis dan non-hierarki, setara dalam beberapa hal dan tidak setara dalam beberapa hal. Memang benar, masyarakat seperti suku Cherokee atau Inuit bahkan berganti-ganti antara otoritarianisme dan demokrasi tergantung musim. Namun demikian, penulisnya menyatakan simpati mereka dengan jelas: mereka mengagumi eksperimen, imajinasi dan keceriaan, serta penguasaan seni tidak diatur, menggunakan istilah sejarawan James C Scott.

Apresiasi Buku[sunting | sunting sumber]

  • Termasuk dalam daftar buku terlaris The New York Times di No. 2 untuk pekan tanggal 28 November 2021,
  • Buku Terlaris Der Spiegel di No.1. (terjemahan dalam bahasa Jerman).
  • Buku tersebut masuk dalam nominasi Orwell Prize for Political Writing. Sejarawan David Edgerton, yang memimpin panel juri, memuji buku tersebut dan mengatakannya “benar-benar merupakan sejarah baru umat manusia” dan “perayaan kebebasan dan kemungkinan manusia, berdasarkan peninjauan ulang terhadap prasejarah, membuka masa lalu untuk memungkinkan masa depan baru.”
  • Menulis untuk The Hindu, G. Sampath mencatat bahwa ada dua alur dalam buku ini: "konsolidasi kumpulan bukti arkeologi, dan sejarah gagasan. " Terinspirasi oleh "penemuan kembali masa lalu yang tidak diketahui," ia bertanya, "dapatkah umat manusia membayangkan masa depan yang lebih berharga bagi dirinya sendiri?"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Dawn of Everything". Kirkus Reviews. 24 August 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2021. Diakses tanggal 18 October 2021. 
  2. ^ "THE ORWELL PRIZES 2022: THE FINALISTS". THE ORWELL FOUNDATION. 
  3. ^ Priestland, David. "The Dawn of Everything by David Graeber and David Wengrow review – inequality is not the price of civilisation". The Guardian. Diakses tanggal 2024-06-10.