Yuval Noah Harari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yuval Noah Harari
Nama asalיובל נח הררי
Lahir24 Februari 1976 (umur 46)
Kiryat Ata, Israel
Tempat tinggalMesilat Zion, Israel
KebangsaanIsrael
AlmamaterUniversitas Ibrani Yerusalem
Jesus College, Oxford
Dikenal atasSapiens: A Brief History of Humankind
Homo Deus: A Brief History of Tomorrow
Karier ilmiah
BidangSejarah
InstitusiUniversitas Ibrani Yerusalem
DisertasiHistory and I: War and the Relations between History and Personal Identity in Renaissance Military Memoirs, c. 1450–1600 (2002)
Pembimbing doktoralSteven J. Gunn
TerinspirasiJared Diamond
Situs webynharari.com
Yuval Harari (2017)

Yuval Noah Harari ((Ibrani); lahir 24 Februari 1976) adalah seorang sejarawan Israel yang menjabat sebagai profesor di Departemen Sejarah Universitas Ibrani Yerusalem.[1] Ia adalah penulis buku Sapiens: Sejarah Singkat Umat Manusia (2014) dan Homo Deus: Masa Depan Umat Manusia (2015). Buku Sapiens berisi tentang sejarah manusia semenjak terjadinya "revolusi kognitif" sekitar 50.000 tahun yang lalu, yaitu ketika Homo sapiens menyingkirkan Neanderthal, menguasai linguistik kognitif, mengembangkan masyarakat yang terstruktur dan menjadi predator puncak. Kemudian terjadi revolusi agrikultur dan kini manusia semakin diperkuat oleh revolusi ilmiah. Sementara itu, buku Homo Deus berkisah tentang prediksi manusia mengenai masa depan yang dilengkapi dengan latar belakang sejarahnya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Harari mendapatkan gelar doktoralnya dari Universitas Oxford pada tahun 2002. Pembimbing doktoralnya adalah Steven J. Gunn, seorang sejarawan Inggris.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Harari bertemu Itzik Yahav pada tahun 2002 yang kelak akan menjadi suaminya.[2][3] Yahav juga menjadi manajer pribadi Harari.[4] Mereka menikah di Toronto, Kanada,[5] dan tinggal di Mesilat Zion di dekat Yerusalem.[6][7][8]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]