The Chicago Manual of Style

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ChicagoManual15thEd.png

The Chicago Manual of Style (CMS atau Chicago) adalah sebuah pedoman cara penulisan untuk bahasa Inggris Amerika yang diterbitkan oleh University of Chicago Press. Dari nama penerbit inilah diperoleh nama cara penulisannya. Buku ini memberikan petunjuk tentan cara penulisan yang banyak dipergunakan dalam industri penerbitan. CMS membahas semua aspek yang berkaitan dengan praktik editorial, dari tata bahasa Inggris Amerika dan penggunaannya hingga penyiapan dokumen.

Tinjauan umum[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama buku ini diterbitkan oleh Universitas Chicago pada 1906, dengan judul A Manual of Style. Pada penerbitannya yang ke-13 pada 1982, buku ini resmi diubah namanya menjadi The Chicago Manual of Style, yang sebelumnya sudah luas dipergunakan secara tidak resmi oleh para pemakai buku ini. Dalam tahun-tahun terakhir, penerbitnya telah mengeluarkan edisi baru setiap sekitar satu dasawarsa. (Edisi ke-14 buku ini diterbitkan pada 1993.) Edisi yang terbaru, yaitu edisi ke-15, diterbitkan pada 2003. Buku yang dijual eceran seharga AS$55 ini telah direvisi total untuk menanggapi semakin luasnya penggunaan teknologi komputer dan internet dalam dunia penerbitan, dan memberikan pedoman untuk pengutipan karya-karya elektronik. Perubahan-perubahan lain mencakup sebuah bab baru tentang tata bahasa Inggris Amerika dan penggunaannya, serta revisi pembahasan tulisan tentang matematika.

CMS saat ini diterbitkan dalam edisi sampul tebal dan CD-ROM, disertai dengan edisi online yang diterbitkan pada 29 September 2006 (link). Edisi online buku ini mencakup teks yang sepenuhnya dapat dicari di internet dari edisi ke-15, dengan tampilan tambahan termasuk perangkat untuk editor, pedoman pengutipan cepat, dan akses yang dapat dicari ke Chicago Style Q&A, sebuah tampilan yang populer di kalangan para redaktur naskah dan pecandu tata bahasa. Tampilan ini adalah jawaban yang diberikan oleh para editor naskah di University of Chicago Press kepada pertanyaan-pertanyaan mengenai tata penulisan yang dikirimkan oleh para pembaca. Akses ke dalam isi Manual ini membutuhkan langganan tahunan, namun bagian lain dari situs ini dapat diakses gratis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Apa yang kelak menjadi The Chicago Manual of Style diterbitkan pertama kali pada 1906 dengan judul Manual of Style: Being a compilation of the typographical rules in force at the University of Chicago Press, to which are appended specimens of type in use. Dari edisinya yang paling awal dengan hanya 200 halaman, CMS berkembang menjadi pedoman rujukan dengan 984 halaman dalam edisinya yang ke-15. Ini adalah salah satu metode cara penulisan pertama yang diterbitkan di Amerika Serikat, dan pada umumnya menetapkan standar metodologi penelitian, khususnya dengan cara pengutipannya.


Pada 1969 CMS telah menjadi pemimpin terkemuka dalam bidang ini. Edisi ke-12nya laku terjual 150.000 eksemplar. Namun sepanjang tahun 1960-an permintaan akan pedoman cara penulisan yang lebih padat dan mutakhir makin bertumbuh. Modern Language Association menemukan bahwa The Chicago Manual of Style tidak cukup cepat berkembang untuk menjawab tuntutan-tuntutan para peneliti bidang-bidang humaniora modern, dan karena itu, membuat pengutipan menjadi sangat rumit untuk metode-metode modern (mis. perkembangan di bidang mikrofilm, dan khususnya, dunia rekaman elektronik yang terus berkembang). Akibatnya, mereka menerbitkan pedoman cara penulisan MLA sendiri, yang ditujukan bagi pengguna yang lain: The MLA Handbook for Writers of Research Papers dan MLA Style Manual and Guide to Scholarly Publishing. Pedoman cara penulisan terus berkembang: pertama-tama dengan diperkenalkannya cara penulisam MLA, dan belakangan setelah Asosiasi Psikolog Amerika menerbitkan cara pengutipannya sendiri, yang diikuti oleh disiplin-disiplin lainnya. Saat ini ada banyak pedoman cara penulisan untuk para penulis, editor, dan penerbit, dan masing-masing mengklaim otoritas dalam suatu bidang tertentu.

The Chicago Manual of Style masih digunakan sebagai gaya pengutipan dalam sejumlah penerbitan ilmu sosial dan oleh kebanyakan jurnal sejarah; penerbitan Organization of American Historians dan American Anthropological Association adalah dua contohnya. Karena manual ini juga mencakup bab-bab yang lebih relevan khususnya bagi para penerbit buku-buku dan jurnal, ia masih tetap digunakan secara luas sebagai rujukan dalam industri ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]