The Best of /rif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Best Of (/rif))
The Best Of /rif
Kompilasi karya /rif
Dirilis16 Maret 2004
Direkam19972004
GenreRock
LabelSony Music Indonesia
Kronologi /rif
... Dan Duniapun Tersenyum
(2002)... Dan Duniapun Tersenyum2002
The Best Of
(2004)
Pil Malu
(2006)Pil Malu2006

The Best Of /rif adalah album studio karya /rif. Album ini merupakan album /rif yang kelima yang dirilis pada tahun 2004. Album ini sendiri berisi lagu terbaik dari album-album /rif terdahulu, dengan hit single Joni Esmod. Sebelum merilis album ini, /rif ikut terlibat dalam pembuatan album OST. Tusuk Jelangkung (2003) dengan membawakan lagu Arah dan Fana.

Sayang, adanya pertentangan internal, membuat Denny, sang gitaris merasa tak sepaham lagi dengan /rif dan mengundurkan diri. Ovy, mantan gitaris U'Camp akhirnya resmi menggantikan posisinya pada Maret 2003.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Bulan Maret 2004, /rif meluncurkan album The Best Of /rif, sebuah album yang menghadirkan karya-karya terbaik /rif yang terangkum dari 4 albumnya, yaitu Radja, Salami, Nikmati Aja, ... dan Duniapun Tersenyum. Sebagai band yang sudah matang di blantika musik tanah air, rif memang sudah waktunya merilis sebuah album The Best Of, karena sudah banyak hits terkumpul dari album-albumnya, sehingga para penggemarnya bisa menikmatinya dalam satu album. Hasilnya adalah terkemas 10 lagu terbaik plus 2 lagu baru, yaitu Joni Esmod dan Sendiri, jadi total ada 12 lagu dapat dinikmati di album ini.

/rif telah menelusuri perjalanan panjang sebagai sebuah band yang hingga kini tetap eksis. Secara kilas balik, grup ini terbentuk pada tahun 1992 dengan nama Badai Band, dan pada 1995 mereka mengganti namanya menjadi /rif yang merupakan singkatan dari Rhythm In Freedom (dengan garis miring didepannya). Saat memakai nama Badai Band anggotanya terdiri dari Andy, Abie, Iwan, Baron, Magi dan Dwi, tetapi ketika namanya berganti menjadi /rif formasinya berubah menjadi Andy (vokal), Iwan (bas), Adji (gitar), Maggi (drum) dan Denny (gitar). Dengan formasi ini pada tahun 1997 mereka merambah dunia rekaman dan merilis debut albumnya berjudul Radja, yang menggeberkan hit yang sama dengan albumnya. Oktober 1998 /rif meluncurkan album kedua, Salami, sebuah album yang sarat dengan muatan moral untuk peduli pada alam. Dua tahun kemudian tepatnya April 2000 album ketiga berjudul Nikmati Aja diluncurkan. Dan pada tahun 2002 kembali mereka merilis album keempat berjudul `... dan duniapun tersenyum`. Sayang tidak lama kemudian terjadi pertentangan internal. Denny, sang gitaris, merasa sudah tidak sepaham lagi dengan personil yang lain dan memutuskan untuk mengundurkan diri. Kekosongan formasi ini pun diisi kemudian oleh Ovy, yang resmi bergabung pada Maret 2003. Ovy ini adalah mantan gitaris U'Camp dan teman ngeband /rif. Jadi mereka tak ragu lagi saat Ovy diminta untuk bergabung.

Ibarat sebagai senjata pamungkas, banyak orang meramalkan bahwa diluncurkan album the best itu menandai umur band itu tidak akan panjang lagi. Hal ini jelas ditepis oleh /rif.

"Merilis sebuah album the best itu bukan berarti akhir dari sebuah band, seperti anggapan orang pada umumnya. Saat ini kita sedang mempersiapkan materi-materi baru untuk siap dirilis di album berikutnya," tandas Andy sang vokalis.

The Best Of /rif : Track By Track[sunting | sunting sumber]

1. Radja (tahun 1997) Lagu ini diambil dari album pertama dengan title yang sama "Radja". Lagu ini berperan besar dalam membesarkan nama /rif sebagai pendatang terbaru pada tahun 1997, karena telah menjadi Hits pertama yang selalu berada di top 10 chart Radio-radio seluruh Indonesia pada waktu itu.

2. Jeni (tahun 1997) Diambil dari album pertama "Radja". Lagu dengan warna Rock N Roll ini selalu dinantikan para fans /rif pada setiap konser dimanapun.

3. Bunga (tahun 1997) Diambil dari album pertama "Radja". Lagu ini menjadi second hit dari album tersebut.

4. Si Hebat (tahun 1998) Diambil dari album kedua dengan title "Salami". Lagu bertempo cepat ini bercerita tentang sesuatu yang kita pikir hebat belum tentu membuat kita bahagia.

5. Lo Toe Ye (tahun 2000) Diambil dari album ketiga dengan title "NIKMATI AJA". Lagu ini bercerita tentang manusia yang bertindak hanya dengan mementingkan nafsunya, tanpa memakai pikirannya. Lagu ini menjadi hit untuk album ketiga /rif, dan meraih video klip terbaik VMI 2000-2001.

6. Aku Ingin (tahun 1998) Diambil dari album kedua "Salami". Lagu segar ini bercerita tentang kepedulian /rif terhadap Alam & Lingkungan, dan meraih Video klip terbaik VMI 1999-2000.

7. Dunia (tahun 2002) Lagu ini diambil dari album keempat dengan title "... dan duniapun tersenyum". Lagu ini juga diambil untuk album kompilasi Soundtrack film amerika, "Spiderman".

Video klip terbaik VMI 2002-2003.

8. Salah Jurusan (tahun 2002) Lagu ini diambil dari album keempat "... dan duniapun tersenyum". Lagu dengan tempo slow ini di kemas dalam irama yang segar denga lirik yang menggelitik.

Video Klip terbaik VMI 2002-2003. The best performance On Video MTV award 2002

9. Arah (tahun 2004) Lagu ini diciptakan untuk menjadi soundtrack untuk sebuah film nasional dengan judul "Tusuk Jelangkung"

10. Cinta Adalah (tahun 2002) Lagu ini diambil dari album keempat "... dan duniapun tersenyum" ini bertempo Middle Rock telah menjadi hit ketiga untuk album tersebut.

11. Joni Esmod (tahun 2004) Lagu terbaru dari /rif, bertempo cepat dengan lirik yang cukup ringan dan kritis ini, bercerita tentang kekhawatiran terhadap korupsi yang semakin menggila saat ini. Dibesut dengan irama dance tetapi tetap dengan core musik rock, diselingi dengan sound sampling, lagu ini dijamin asyik. Judulnya sendiri terlontar begitu saja, Joni Esmod (eksekutif Modis).

12. Sendiri (tahun 2004) Lagu terbaru kedua dari /rif ini bercerita tentang rasa bahwa setiap manusia sangat memahami kemauan dan keinginannya sendiri. Lagu ini dikemas dengan musik yang dinamis.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Joni Esmod
  2. Sendiri
  3. Radja
  4. Bunga
  5. Lo Toe Ye
  6. Salah Jurusan
  7. Jeni
  8. Si Hebat
  9. Cinta Adalah...
  10. Arah
  11. Aku Ingin
  12. Dunia

Personel[sunting | sunting sumber]

  • Andy - Vokal
  • Denny - Gitar (direkam sebelum keluar dari /rif. Gitaris dalam semua lagu, kecuali di lagu "Arah", "Joni Esmod" & "Sendiri")
  • Ovy - Gitar (pada lagu "Arah", "Joni Esmod" & "Sendiri")
  • Jikun - Gitar
  • Iwan - Bass
  • Maggi - Drum

Pranala luar[sunting | sunting sumber]