The Best Damn Thing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Best Damn Thing
Album studio oleh Avril Lavigne
Dirilis 13 April 2007 (2007-4-13)
(see release dates below)
Direkam 2006
Genre Pop Rock, Pop Punk, Power Pop
Durasi 40:39
Label RCA Records
Produser Avril Lavigne , Rob Cavallo, Butch Walker, Deryck Whibley, Dr. Luke
Penilaian profesional
Kronologi Avril Lavigne
Under My Skin
(2004)
The Best Damn Thing
(2007)
Goodbye Lullaby
(2011)
Singel dari album The Best Damn Thing
  1. Girlfriend
    Dirilis: 7 Februari 2007
  2. When You're Gone
    Dirilis: 19 Juni 2007
  3. Hot
    Dirilis: 12 Oktober 2007
  4. The Best Damn Thing
    Dirilis: 2008

The Best Damn Thing adalah judul album studio ketiga oleh penyanyi dan penulis lagu punk rock asal Kanada yang paling populer, Avril Lavigne. Album ini dirilis di Amerika Utara dan sebagian negara-negara Eropa pada tanggal 17 April 2007, serta di Inggris dan Australia tepat satu hari sebelumnya. Album ini pertama kali diperdengarkan kepada publik oleh radio HOT 89.9 di Ottawa tepat pada pukul 06:00 tanggal 14 April 2007.

Singel pertama dari album ini adalah lagu yang paling populer dan sangat terkenal, "Girlfriend" dimana Girlfriend menduduki posisi pertama di berbagai negara dan menjadi lagu dengan penjualan terbaik diseluruh dunia pada tahun 2007 dan hingga saat ini "Girlfriend" telah terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia, singel keduanya adalah "When You're Gone", "Hot" sebagai singel ketiga, dan "The Best Damn Thing" telah dikabarkan sebagai singel ke empat sekaligus terakhir yang akan dirilis dari album ini. Dalam album ini juga terdapat lagu berjudul "Keep Holding On" yang merupakan salah satu soundtrack dari film Eragon. Album ini telah mendapatkan sertifikat platinum di Amerika, dan dua kali platinum diseluruh dunia berdasarkan United World Chart, pada tanggal 12 Desember 2007. Album ini telah terjual lebih dari 5 juta kopi diseluruh dunia pada akhir tahun 2007, berdasarkan IFPI, dan merupakan angka penjualan album terbaik ke-4 selama tahun 2007.Hingga saat ini "The Best Damn Thing" telag terjual lebih dari 8.5 juta kopi di seluruh dunia.

Informasi Album[sunting | sunting sumber]

Avril menjelaskan bahwa proses pembuatan albumnya "fast, fun, young, bratty, aggressive, confident, cocky in a playful way...all the good stuff.". Diproduksi oleh Dr. Luke, suami Avril Deryck Whibley, Butch Walker dan dirinya sendiri. Travis Barker (Box Car Racer, blink-182, +44, Transplants, Expensive Taste, The Aquabats), telah merekam drum untuk beberapa lagu dalam album ini, tetapi sebagian besar direkam oleh Josh Freese.

Versi standar dari album nin dirilis pada tanggal 14 April 2007, dan telah banyak mengalami sensor. Sensor-sensor ini diberikan terhadap lagu "Girlfriend", "I Can Do Better", "Everything Back But You", dan "I Don't Have To Try". Dalam lagu "I Can Do Better", semua penggunaan kata 'shit' diganti dengan bunyi 'shhh ...', tetapi bait 'You're so full of shit' diganti dengan 'You're so full of it'. Dalam lagu "Everything Back But You", kata 'bitch' dan 'slut' (dalam bait 'bitch, slut, phsyco babe, I hate you ...), diganti dengan bunyi 'hey hey'. Juga kata 'get ready mother fucker' dalam lagu "I Don't Have To Try", diganti dengan 'get ready get ready'. Kata 'motherfucker' dalam lagu "Girlfriend", diganti dengan "one and only", atau kalaupun tidak, kata 'fuck'-nya dihilangkan. Kata 'bitch' dalam lagu "Runaway" tidak diganti. Hanya dalam edisi khusus atau edisi deluxe dari album ini saja yang mengandung lagu-lagu murni tanpa paenggantian kata dan eksplisit. Versi album ini menggunakan label 'Parental Advisory' karena dianggap untuk dewasa. Ini merupkan album pertama Avril di Amerika yang menggunakan label ini, dibeberapa negara, label ini juga digunakan dalam album kedua Avril Under My Skin (2004). Oleh karena itu dan oleh karena judul albumnya mengandung kata 'Damn', beberapa stasiun radio anak-anak seperti Radio Disney, yang sebelumnya memutar lagu-lagu Avril, tidak memutar lagu-lagu dari album terbaru Avril ini.

Dalam wawancara di acara Much Music, Avril menjelaskan bahwa, foto-foto yang diambil saat sesi pemotretan untuk albumnya, banyak yang tidak cocok untuk dijadikan sampul albumnya. Deryck Whibley, suami Avril, mengambil foto Avril di tepi jalan di daerah pinggiran kota Los Angeles, di mana pada saat itu adalah saat-saat menyenangkan bagi mereka.

Promosi[sunting | sunting sumber]

Singel pertama yang dirilis dari album ini adalah "Girlfriend", yang pada mulanya akan dirilis pada tanggal 29 Januari 2007, tetapi dibatalkan karena meningkatnya popularitas lagu "Keep Holding On" di radio. "Girlfriend" pertama di perdengarkan kepada publik oleh radio Hot 89.9 Ottawa pada tanggal 6 Februari 2007, dan vidionya pertama ditayangkan pada tanggal 26 Februari 2007. Evan Taubenfeld, gitaris pribadinya, mengatakan dalam halaman MySpace-nya bahwa dia telah membuat batu bertulisan dalam musik vidio "Girlfriend". Lagu ini juga tersedia dalam 7 bahasa lain selain bahasa Inggris, versi ini hanya menyajikan bagian chorus yang diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, Portugis, China, Jepang, Italia, Jerman, dan Prancis.

Avril telah melakukan tur kecil untuk mempromosikan The Best Damn Thing. Hanya anggota dari fans klubnya saja yang diperbolehkan untuk menyaksikan tur ini. Dia memulai turnya ini di Calgary, Alberta, dan tampil untuk kerumunan 200 orang. Penampilan di Calgary, disiarkan di TV pada tanggal 2 April 2007 oleh CBC Network. Pada penampilan ini, juga ikut ditunjukkan proses belakang layar dari pertunjukan ini, juga ikut ditampilkan penampilan Avril lainnya seperti di Los Angels, Paris, dan Madrid. Dia juga menampilkan penampilan khasnya di New York, dan Hollywood setelah perilisan albumnya.

Pada tanggal 18 Februari 2007, klip lagu "Everything Back But You", "I Can Do Better", dan "When You're Gone" dirilis di AOL Music. Lagu "Alone", sisi B dari "Girlfriend" mulai bisa diunduh di iTunes Store di Australia dan Selandia Baru pada tanggal 29 Maret 2007. Pada tanggal 4 April 2007, album The Best Damn Thing mulai disirkulasikan ke Internet, dan mulai bisa di download dalam jenis file yang bermacam-macam. Secara keseluruhan, album pertama dirilis oleh radio Hot 89.9 Ottawa tanggal 14 April 2007, pikul 06:00.

Pada tanggal 6 Juli 2007, Avril menampilkan lagu "Hot" dalam acara The Friday Night Project di Inggris. Lagu "Runaway" dipilih sebagai lagu tema permainan PlayStation 3, Singstar.

Pada tanggal 11 Septeber 2007, Avril tampil dalam acara final Canadian Idol 2007, serta menapilkan lagu "When You're Gone" dan "Hot". Dia memerima tepuk tangan yang sangat meriah dari penonoton setelah menyanyikan kedua lagu tersebut. Dalam penampilannya, Avril menjelaskan bahwa dia akan segera berada dalam tur pada bulan Maret-April 2008 di Amerika Utara, Kanada pertama tentunya.

Gugatan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2007, wawancara bersama majalah menampilkan penulis lagu Chantal Kreviazuk, yang berkolaborasi bersama Avril dalam proses pembuatan album keduanya Under My Skin (2004), menyatakan bahwa Avril tidak benar-benar duduk dan menulis lagu, melainkan dia hanya akan mencoret atau menggaris bawahi naskah lagu tanpa komplen dari siapapun, dan Chantal menolak untuk berkolaborasi dengan Avril lagi. Dia bilang dia mengirim sebuah lagu kepada Avril yang berjudul "Contagious" pada tahun 2005, dan dia lihat pada daftar lagu dalam album The Best Damn Thing ada lagu tersebut dan nama Chantal tidak dicantumkan. "What will you do with that?" katanya. Pada tanggal 10 Juli 2007, Chantal menarik kembali pernyataannya, Dalam halaman website The Black List Club, Evan Taubenfeld menjelaskan bahwa dia telah menulis lagu "Contagious" untuk rekamannya, tetapi ternyata lagu ini lebih bagus saat dibawakan oleh Avril Lavigne.

Pada tanggal 2 Juli 2007, penulis lagu band Amerika The Rubinoos menggugat Avril dan Dr. Luke masalah lagu "Girlfriend". Dia menegaskan bahwa lagu ini sangat sama persis dengan lagunya pada tahun 1970an, yang berjudul "I Wanna Be Your Boyfriend".

Pada tanggal 6 Juli, Avril menanggapi sekaligus menolak kedua gugatan ini dalam surat terbuka di websitenya. Dia menjelaskan bahwa dia belum pernah mendengar lagu The Rubinoos selama hidupnya. Dan dia mengatakan bahwa tindakan Chantal Kreviazuk telah merusak nama baiknya, yang kemudian Chantal Kreviazuk menanggapi, dan melayangkan surat permintaan maaf secara resmi dalam websitenya.

Penampilan Dalam Tangga Album Dan Penjualan[sunting | sunting sumber]

The Best Damn Thing terjual 19 ribu kopi dalam beberapa jam di Inggris, dan terjual lebih dari 60 ribu kopi diminggu pertama penjualannya. Menjadikannya album ketiga Avril yang menduduki posisi #1 di Inggris. Album ini pertama memasuki tangga lagu Billboard Hot 200 dan langsung menempati posisi #2 dengan angka penjualan lebih dari 288 ribu kopi, dibawah Under My Skin yang terjual lebih dari 380 ribu kopi diminggu pertama penjualannya pada tahun 2004. Pada minggu keduanya, album ini segera menduduki posisi #1, dan terjual lebih dari 121 ribu kopi.Ini merupakan album kedua Avril yang menduduki posisi #1 di Amerika, karena akbum pertama Avril, Let Go, tidak menduduki posisi ini.

Di Kanada, album ini langsung menduduki posisi #1 pada minggu pertama penjualanya, dan telah terjual 68 ribu kopi. Melebihi penjualan pertama album sebelumnya, Under My Skin. Dalam minggu kedua, penjualannya mengalami penurunan hingga 62 % menjadi 26 ribu kopi. Di Australia, dalam tangga album ARIA, album ini hanya menduduki posisi #2 dan terjual lebih dari 35 ribu kopi, dan langsung mendapatkan sertifikat Gold. Ini merupakan album pertama Avril yang tidak menduduki posisi #1 di Australia, mengingat kedua album Avril sebelumnya berhasil menduduki posisi #1.

Di Jepang, album ini menduduki posisi #2 pada minggu pertamanya. Di minggu keduanya, setelah Avril tampil di MusicStation, posisinya mengalami kenaikan menjadu #1, terjual 120 ribu kopi. Ini merupakan album kedua Avril Lavigne di Jepang yang menduduki posisi #1. Hingga saat ini, album ini telah terjual lebih dari 820 ribu kopi disana. Album ini juga menduduki posisi #1 di Taiwan, dan telah mendapatkan sertifikat Gold dalam tiga hari penjualan tak resminya. Album ini kemudian mendapatkan sertifikat platinum setelah dirilis secara resmi di Taiwan. Di Spanyol, album ini hanya menduduki posisi #9, sama dengan di Australia, ini merupakan album pertama Avril Lavigne yang tidak menduduki posisi #1 di Spanyol.

Album ini berhasil menduduki posisi #1 dilebih dari 20 negara. Hingga saat ini, lebih dari 5.5 juta kopi album ini telah terjual diseluruh dunia, berdasarkan United World Chart.

Singel Dan Lagu Lainnya[sunting | sunting sumber]

Sebelum perilisan secara resmi "Girlfriend", "Keep Holding On" telah dirilis sebagai singel dari soundtrack film Eragon di Amerika Utara pada tahun 2006, menduduki posisi #17 di Amerika.

"Girlfriend" pertama masuk pada Billboard Hot 100 pada posisi #5 di bulan Maret 2007. Merupakan posisi debut terbaik Avril di Amerika. Pada tanggal 1 April, "Girlfriend" menduduki posisi #2 di Inggris, melewati 21 tempat dari minggu sebelumnya. Ini merupakan posisi terbaik Avril di Inggris, jauh setelah singel pertamanya "Complicated" pada tahun 2002, yang menduduki posisi #3. Pada tanggal 5 Mei 2007, "Girlfriend" menduduki posisi #1 di Amerika, di minggu yang sama pula, The Best Damn Thing menduduki posisi #1 dalam Billboard Hot 200. Ini merupakan lagu pertama Avril yang menduduki posisi #1 di Amerika. Posisi tertinggi sebelumnya adalah "Complicated", yang hanya menduduki posisi #2 tahun 2002.

Pada tanggal 8 Maret, Avril menjelaskan dalam wawancaranya di radio Kiss FM bahwa "When You're Gone" akan menjadi singel Kedua yang dirilis dari album. Lagu ini pertama memasuki tangga lagu Billboard pada posisi #90.

Lagu "Hot" menjadi singel ke tiga yang dirilis dari album. Lagu ini merupakan salah-satu lagu Avril yang kurang sukses di tangga-tangga lagu dunia. Telah dilaporkan bahwa "The Best Damn Thing" akan menjadi singel ke empat yang dirilis. Avril telah membuat musik vidio untuk lagu ini dan bilang bahwa kakak nya Matt, akan ikut serta dalam vidionya. Musik vidionya sudah bisa dilihat dibeberapa situs seperti YouTube.

Lagu "Innocence" pertama dimainkan di radio Satelite Amerika, dan sekarang telah diputar di banyak stasiun radio. Para penggemar Avril mengharapkan lagu ini dirilis secara resmi.

Ada banyak lagu yang tidak atau belum dirilis secara resmi, tetapi berhasil menduduki tangga-tangga lagu. Misalnya lagu berjudul 'The Best Damn Thing", pertama memasuki tangga lagu pada posisi #107 dalam Billboard Hot 100, dan posisi #91 dalam Billboard Pop 100. "Runaway" pertama memasuki tangga lagu Billboard Hot 100 pada posisi #111, dan posisi #94 dalam Billboard Pop 100. Serta lagu "Innocence" pertama memasuki tangga lagu Billboard Hot 100 pada posisi #116, dan posisi #190 di Inggris. Selain itu, walaupun "Keep Holding On" tidak diriis di Inggris, tetapi berhasil menduduki posisi #175.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Girlfriend" – 3:37
  2. "I Can Do Better" – 3:17
  3. "Runaway" – 3:48
  4. "The Best Damn Thing" – 3:10
  5. "When You're Gone" – 4:00
  6. "Everything Back But You" – 3:03
  7. "Hot" – 3:23
  8. "Innocence" – 3:53
  9. "I Don't Have to Try" – 3:17
  10. "One of Those Girls" – 2:56
  11. "Contagious" – 2:10
  12. "Keep Holding On" – 4:00

Edisi Deluxe[sunting | sunting sumber]

  1. "Alone"
  2. "I Will Be"
  3. "I Can Do Better (Akustik)"
  4. "Girlfriend (Mandarin Version)"
  5. "Girlfriend (Dr. Luke Remix feat. Lil Mama)"

DVD Bonus (Edisi Deluxe)[sunting | sunting sumber]

  1. "The Making of The Best Damn Thing"