The Apostle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Apostle
Apostleposter.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Robert Duvall
Produser Steven Brown
Rob Carliner
Robert Duvall
Penulis Robert Duvall
Pemeran Robert Duvall
Farrah Fawcett
Miranda Richardson
Billy Joe Shaver
Billy Bob Thornton
June Carter Cash
Todd Allen
Walton Goggins
Musik David Mansfield
Sinematografi Barry Markowitz
Penyunting Stephen Mack
Distributor October Films
Tanggal rilis
  • 17 Desember 1997 (1997-12-17)
Durasi
134 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $8,000,000[1]
Pendapatan kotor $19,868,354 (Domestik)[2]

The Apostle adalah sebuah film drama Amerika 1997 yang ditulis dan disutradarai oleh Robert Duvall, yang membitangi dalam peran utama. John Beasley, Farrah Fawcett, Billy Bob Thornton, June Carter Cash, Miranda Richardson dan Billy Joe Shaver juga tampil dalam film tersebut. Film tersebut difilmkan pada lokasi di dalam dan di sekitaran Saint Martinville dan Des Allemands, Louisiana dengan beberapa pengambilan gambar di wilayah Dallas, Texas oleh unit kedua.

Film tersebut ditayangkan di Festival Film Cannes 1998.[3] Karena penampilannya, Duvall dinominasikan pada Penghargaan Akademi untuk Aktor Terbaik.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sonny (Duvall) adalah seorang pendeta gereja karismatik. Istrinya Jessie (Fawcett) memulai gelap dengan seorang menteri pemuda bernama Horace. Dia menolak keinginan Sonny untuk berdamai, meskipun dia meyakinkannya dia tidak akan mengganggu haknya untuk menemui anak-anaknya. Dia juga telah bersekongkol menggunakan peraturan gereja mereka agar dia disingkirkan dari kekuasaan. Sonny berdoa kepada Tuhan, apa yang harus dilakukan, tapi tidak menerima jawaban.

Banyak jemaat berada di pihak Jessie dalam sengketa ini. Sonny, bagaimanapun, menolak untuk merintis gereja baru, bersikeras bahwa salah satu yang memaksanya keluar adalah karena Tuhan. Keadaan ini menyebabkan Sony berbuat jahat dengan memukulkan tongkat kepada Horace dengan tongkat dan membuang dalam keadaan koma, Horace kemudian meninggal dunia.

Dalam pelarian, Sonny memasukkan mobilnya ke dalam selokan sungai dan menghilangkan semua identitas. Setelah menghancurkan semua bukti masa lalunya, Sonny membaptis kembali dirinya sebagai "The Apostle E. F." kemudian meninggalkan Texas dan berakhir Louisiana, di mana ia membujuk seorang menteri pensiunan bernama Blackwell (Beasley) untuk membantu dia memulai sebuah gereja baru. Dia bekerja berbagai pekerjaan aneh dan menggunakan uang untuk membangun gereja, serta membeli waktu berkhotbah di sebuah stasiun radio lokal. Sonny juga mulai berkencan dengan resepsionis stasiun radio (Richardson).

Dengan energi dan karisma Sonny, gereja segera memiliki jemaat yang setia dari berbagai kalangan. Sonny bahkan berhasil mengajak seorang pekerja konstruksi rasis (Thornton) yang muncul saat bermaksud berkunjung ke gereja itu. Sementara bekerja di restoran lokal, Sonny melihat pacar barunya di depan umum bersama suami dan anak-anaknya, dan Sonny memilih keluar meninggalkan, bersumpah untuk kembali.

Jessie mendengar siaran radio dari Rasul E. F. dan memanggil polisi untuk melaporkan Sonny. Polisi muncul di tengah-tengah layanan malam tapi memungkinkan Sonny untuk menyelesaikannya sementara mereka menunggu di luar. Di akhir cerita, Sonny memberikan khotbah berapi-api sebelum memberitahu umatnya bahwa dia harus pergi. Setelah itu, Sony dibawa polisi dan menjadi bagian dari jaringan geng, mengajarkan berbagai hal kepada para narapidana.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Numbers, The Apostle – Box Office Data, Movie News, Cast Information – The Numbers
  2. ^ "The Apostle". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2012-01-02. 
  3. ^ "Festival de Cannes: The Apostle". festival-cannes.com. Diakses tanggal 2009-10-03.