Anchor Bible Series

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Anchor Bible Series)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Anchor Bible project, terdiri dari seri komentari, kamus Alkitab, dan perpustakaan referensi, adalah suatu upaya kerja-sama sarjana dan komersial yang dimulai pada tahun 1956, ketika jilid-jilid terpisah dariseri komentari Alkitab mulai diterbitkan. Diawali pada era baru kerjasama antar sarjana riset Alkitab, lebih dari 1.000 orang sarjana — mewakili tradisi Yahudi, Katolik, Ortodoks, Protestan, Islam, sekuler, dan lain-lain — telah berkontribusi pada projek ini. Karya-karya mereka menawarkan diskusi-diskusi yang mencerminkan sudut pandang luas dalam teologi. Anchor Bible project terus menerbitkan jilid-jilid yang aktual bagi para pembaca dari hasil analisis terbaru. Sampai tahun 2005, lebih dari 120 jilid (volume) telah diterbitkan, masing-masing disunting oleh David Noel Freedman, General Editor dan diterbitkan oleh Doubleday (bagian dari Random House, Inc.). Setelah Freeman meninggal pada tahun 2008, John J. Collins menjabat sebagai General Editor. Pada tahun 2007, Yale University Press membeli Anchor Bible Series. Yale sekarang menerbitkan judul-judul sebelumnya dan judul-judul baru sebagai Anchor Yale Bible Series.[1][2]

Anchor Bible Commentary Series[sunting | sunting sumber]

"Anchor Bible Commentary Series" diciptakan dengan bimbingan William Foxwell Albright (1891–1971), meliputi terjemahan dan eksegesis Alkitab Ibrani, Perjanjian Baru dan Intertestamental Books (Deuterokanonika pada Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks Timur/Apokrif pada Gereja Protestan; bukan buku-buku yang oleh Gereja Katolik dan Ortodoks disebut "Apocrypha," dan oleh Gereja Protestan disebut "Pseudepigrafa"). Untuk setiap kitab Alkitab, seri ini meliputi terjemahan asli (dengan anotasi, termasuk terjemahan alternatif) dari teks-teks kuno, menggunakan pengetahuan modern mengenai bahasa-bahasa kuno; ringkasan evolusi sejarah, kritik dan sastra teks tersebut, garis besar tema-tema dan topik utama; komentari ayat demi ayat; teori para sarjana yang bersaingan; latar belakang sejarah, serta foto-foto, ilustrasi, dan peta artifak maupun tempat-tempat yang berkaitan dengan tokoh dan tempat di Alkitab. Kitab-kitab yang panjang dan kompleks dibahas dalam lebih dari satu volume.

Sampai tahun 2006, seri ini telah menerbitkan lebih dari 80 volume, sejumlah di antaranya merupakan perbaikan karya sebelumnya. Seri ini 99% lengkap; bagian kedua Kitab Keluaran telah diterbitkan pada permulaan bulan Desember 2006, dan sisanya sedang diproduksi. Jilid mengenai Kitab 2 Tawarikh dan Kitab Wahyu masih dalam pengerjaan.

Anchor Bible Dictionary[sunting | sunting sumber]

"Anchor Bible Dictionary" memuat lebih dari 6.000 entri dari 800 sarjana internasional. Dilengkapi dengan gambar dan line-art di seluruh buku, dan juga tersedia dalam bentuk download dari Logos Bible Software atau Accordance Bible Software.

Anchor Bible Reference Library[sunting | sunting sumber]

"Anchor Bible Reference Library" merupakan seri yang belum ditutup, terdiri dari 30 jilid terpisah dengan informasi mengenai antropologi, arkeologi, ekologi, geografi, sejarah, bahasa, sastra, filsafat, agama, teologi, dan lain-lain.

Karya dalam Anchor Yale Bible commentary series[sunting | sunting sumber]

Karya-karya dalam Anchor Yale Bible commentary series meliputi:

Tanakh ~ Perjanjian Lama ~ Alkitab Ibrani[sunting | sunting sumber]

Perjanjian Baru[sunting | sunting sumber]

Intertestamental Books ~ Apocrypha[sunting | sunting sumber]

Karya dalam Anchor Yale Bible Reference Library[sunting | sunting sumber]

Karya-karya dalam Anchor Yale Bible Reference Library meliputi:

  • Charlesworth, James H. (1985). The Old Testament Pseudepigrapha, Vol. 2: Expansions of the "Old Testament" and Legends, Wisdom and Philosophical Literature, Prayers, Psalms and Odes, Fragments of Lost Judeo-Hellenistic Works. ISBN 0-385-18813-7. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]