Thénardiers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ilustrasi Thénardiers dari edisi pertama Les Misérables (1862).

Thénardiers, dikenal juga dengan nama Monsieur Thénardier (/təˈnɑːrdi./; pengucapan bahasa Prancis: [tenaʁdje]) dan Madame Thénardier, adalah dua tokoh fiksi yang menjadi tokoh antagonis sekunder di dalam novel Les Misérables karya Victor Hugo.

Mereka berdua adalah golongan pekerja yang menganggap masyarakat sebagai penyebab penderitaan mereka. Pada awalnya mereka memiliki sebuah penginapan dan sering menipu pelanggan-pelanggannya. Setelah penginapan ini bangkrut, mereka mengganti nama mereka menjadi "Jondrette" dan bertahan hidup dengan mengemis dan mencuri. Thénardiers dan Javert merupakan dua musuh utama Jean Valjean. Javert melambangkan sistem keadilan yang ingin menghukum Valjean, sementara Thénardiers melambangkan aspek tanpa hukum di masyarakat yang akan mengancamnya.

Novel Les Misérables menggambarkan tokoh Thénardiers sebagai tokoh yang jahat dan kejam. Beberapa adaptasi novel mengubah mereka menjadi karakter yang bodoh (walaupun masih berbuat jahat) untuk dijadikan tokoh lucu di tengah cerita Les Misérables yang serius.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]