Tes Baum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Psikotes "Baum Test" atau yang lebih dikenal dengan "Tree Test" adalah tes kepribadian yang dikembangkan oleh Karl Koch yang kemudian dipublikasikan pertama kali pada tahun 1959. Dalam tes ini, peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi. Adakalanya diminta menggambar pohon tertentu seperti pohon apel, pohon mangga, dll, pohon tanpa buah, pohon merambat, pohon besar, ataupun sebuah pohon dengan kriteria yang diinginkan penguji. Namun, rata-rata peserta tes dibebaskan untuk menggambar pohon apapun yang berbatang kayu dan memiliki dahan. Gambar pohon yang dilarang biasanya dicantumkan dalam soal seperti bambu, tebu, pisang, kelapa, dan semak/rerumputan.

Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Hal ini dapat diketahui dari bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan dari aspek-aspek lainnya.

Contoh Tes BAUM/Tree Test[sunting | sunting sumber]

Waktu

Nomor Peserta

Nama dara andini aprilian

Petunjuk Pengerjaan

  1. Gambarlah pohon pada lembar yang tersedia dengan kriteria sebagai berikut, yaitu pohon dengan kriteria berkambium (dycotyil), bercabang, dan berbuah.
  2. Tidak diperbolehkan membuat gambar pohon jenis bambu, pisang, kelapa, semak belukar, atau sejenis tanaman monocotyl lainnya.
  3. Berilah keterangan jenis pohon apa yang digambar di bawahnya.