Terwelu laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Terwelu laut
Anaspidea
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasGastropoda
OrdoAnaspidea
Tata nama
Sinonim taksonAplysiomorpha
Fanmili

Anaspidea, umum dikenal sebagai terwelu laut (Spesies Aplysia dan genera lainnya), adalah moluska gastropoda opisthobranchia berukuran sedang hingga besar dengan cangkang internal halus yang terbuat dari protein. Anaspidea berada pada superfamili Aplysioidea dan Akeroidea.

Nama umumnya, "terwelu laut" adalah terjemahan langsung dari bahasa Latin: lepus marinus. Keberadaan hewan ini sudah diketahui sejak zaman Romawi. Namanya berasal dari bentuk hewan ini yang bulat dan dari dua rinofor panjang dikepalanya, membuatnya terlihat seperti telinga terwelu.

Terwelu laut merupakan gastropoda yang besar, dengan spesies terbesarnya, Aplysia vaccaria, dapat mencapai panjang 75 cm dan berat 14 kilogram membuatnya menjadi salahsatu gastropoda terbesar.[1][2] Individu muda umum ditemukan disepanjang pesisir.

Terwelu laut memiliki tubuh lunak dengan cangkang internal, dan seperti moluska opisthobranchia lainnya, mereka merupakan sebuah hermafrodit. Mereka kurang lebih memiliki tampak luar yang bersimetri bilateral. Kakinya memiliki proyeksi lateral, yang disebut dengan "parapodium".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rudman, W.B.; Firminger, P.I., ed. (15 July 2010). "Aplysia vaccaria". The Sea Slug Forum (seaslugforum.net). New South Wales, AU: Australian Museum. 
  2. ^ Barnes, Robert D. (1982). Invertebrate Zoology. Philadelphia, PA: Holt-Saunders International. hlm. 376. ISBN 0-03-056747-5.