Teotl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Teotl (pelafalan Nahuatl modern) adalah gagasan utama dalam agama Aztel. Istilah dalam bahasa Nahuatl ini sering kali diterjemahkan menjadi "dewa", tetapi mungkin istilah ini memiliki makna yang lebih abstrak yang terkait dengan keilahian, mirip dengan konsep Mana dalam kebudayaan Polinesia. Dalam mitologi suku Pipil, Teut (yang memiliki asal mula yang sama dengan Teotl)[1][2] dikenal sebagai pencipta.[3] Maksud dari "Teotl" yang sesungguhnya telah diperdebatkan oleh para ahli selama bertahun-tahun.

Jika konsep Teotl dapat dipahami, maka peristiwa jatuhnya Imperium Aztek juga dapat dipahami, karena tampaknya penguasa Aztek Moctezuma II menganggap Cortés dan para conquistador sebagai "Teotl" - hal ini dipandang sebagai bukti bahwa bangsa Aztek menganggap bangsa Spanyol sebagai dewa, tetapi pemaknaan kata "teotl" yang lebih tepat menunjukkan bahwa mereka hanya dianggap "misterius" dan "tidak dapat dijelaskan".[4]

Dalam terjemahan Alkitab ke dalam bahasa Nahuatl, "Tuhan" (אֱלֹהִ֔ים, Θεός) diterjemahkan dengan menggunakan kata Tuhan dalam bahasa Spanyol, Dios.[5] Dalam terjemahan modern yang dibuat oleh Gereja Katolik pada abad ke-21, kata Teotzin-lah yang digunakan; kata ini merupakan kombinasi teotl dengan akhiran -tzin.[6]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rafael Lara-Martínez, Rick McCallister. Glosario cultural Náwat Pipil y Nicarao Diarsipkan 2012-04-27 di Wayback Machine.. hlm. 199: tewt, teut, “Dios”; teot, náhuatl teotl “god, dios” (Nicaragua) [Squier]. téut, “Dios” [Calvo Pacheco].
  2. ^ Juga digunakan dalam terjemahan Perjanjian Baru oleh Alan King, Ne Bibliaj Tik Nawat, Ne Iyeknawatilis Yojan 1:1 (John 1:1): Achtu nemik ne palabraj wan ne palabraj nemik itech ne Teut wan Teut ne palabraj Diarsipkan 2016-05-07 di Wayback Machine..
  3. ^ Mitología de Cuscatlán, San Salvador, 1919
  4. ^ Restall 2001 hlm. 116-118
  5. ^ Bible.is: Genesis in Eastern Huasteca Nahuatl, John in Eastern Huasteca Nahuatl, Central Huasteca Nahuatl, Western Huasteca Nahuatl, Northern Puebla Nahuatl, Southeastern Puebla Nahuatl, Highland Puebla Nahuatl, Guerrero Nahuatl, Northern Oaxaca Nahuatl, Tenango Nahuatl.
  6. ^ Catoliscopio: Credo en versión Nahuatl, 5 Maret 2013.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hvidtfeldt, Arild (1958). Teotl and Ixiptlatli: some central conceptions in ancient Mexican religion: with a general introduction on cult and myth. Copenhagen: Munksgaard. 
  • Miller, Mary; Karl Taube (1993). The Gods and Symbols of Ancient Mexico and the Maya. London: Thames and Hudson. ISBN 0-500-05068-6. 
  • Townsend, Richard F. (2000). The Aztecs (edisi ke-revised). New York: Thames and Hudson. 
  • van Zantwijk,Rudolph (1985). The Aztec Arrangement: The Social History of Pre-Spanish Mexico. Norman: University of Oklahoma Press,. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]