Teori puncak Hubbert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kurva Hubbert, digambar oleh M. King Hubbert, adalah sebuah model matematika persediaan minyak pada masa depan.

Puncak teori Hubbert, juga dikenal dengan puncak minyak adalah sebuah teori berpengaruh mengenai pengambilan dan penghabisan jangka-panjang dari minyak bumi konvensional (dan bahan bakar fosil lainnya).Teori ini dinamakan atas seorang geofisikawan Amerika M. King Hubbert, yang menciptakan sebuah model dari persediaan yang diketahui, dan mengusulkan sebuah teori. Pada 1956, Hubbert mempresentasikan sebuah paper pada rapat American Petroleum Institute di mana ia memperkirakan produksi minyak di Amerika Serikat akan memuncak pada 1965 dan 1970. Dan produksi minyak Amerika memang memuncak pada 1971, dan telah berkurang sejak saat itu.

Hubbert mengusulkan bahwa penghitungan yang sama dapat diterapkan ke keadaan lainnya, seperti puncak produksi minya dunia. Beberapa perkiraan untuk puncak produksi dunia telah dibuat oleh Hubbert dan lainnya, dengan beberapa tanggal tersebut sudah lewat pada masa lampau. Hal ini telah menimbulkan kritikan dari metode tersebut dan perkiraan yang dibuat dengan menggunakan metode tersebut.


Teori puncak Hubbert merupakan subjek dari diskusi yang berkelanjutan karena efek potensial dari produksi minyak yang rendah, dan karena debat yang terlur berlanjut dari aspek kebijakan energi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut dan diskusi[sunting | sunting sumber]

Film

Pranala luar

Advokasi teori Hubbert dan riset

Laporan/essays/lectures

Artikel

Forum/Blog/halaman diskusi

Kritikan teori Hubbert