Teori kompleks keamanan kawasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teori kompleks keamanan kawasan adalah teori keamanan kawasan yang dipaparkan oleh Barry Buzan dan Ole Waever dalam buku Regions and Powers: The Structure of International Security (2003).[1]

Konsep kompleks keamanan kawasan membahas terpusatnya keamanan di wilayah-wilayah yang terbentuk secara geografis. Persoalan keamanan sulit menyebar secara luas, dan ancaman sangat mungkin muncul di dalam kawasan tersebut. Keamanan setiap pelaku di sebuah kawasan berinteraksi dengan keamanan pelaku lain. Biasanya terdapat interdependensi keamanan yang tinggi di dalam suatu kawasan; interdependensi lintas kawasan justru tidak terjadi. Itulah hal yang mendefinisikan sebuah kawasan dan menjadikan keamanan kawasan sebuah bidang studi yang unik. Adakalanya negara pinggiran memisahkan dua kawasan, contohnya Afghanistan yang terletak di antara Timur Tengah dan Asia Selatan. Kawasan harus diperlakukan sebagai sistem kecil yang membuat semua teori hubungan internasional mampu diterapkan, misalnya keseimbangan kekuasaan, polaritas, interdependensi, sistem aliansi, dll.

Teori kompleks keamanan kawasan tidak sama dengan regionalisme, aliran hubungan internasional tahun 1970-an yang berfokus pada integrasi kawasan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gupta, M. (2010) Indian Ocean Region: Maritime Regimes for Regional Cooperation, London: Springer p 52