Teori generasi Strauss-Howe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Teori generasi Strauss dan Howe ditemukan oleh penulis William Strauss dan Neil Howe, yang menggambarkan sebuah siklus generasi berulang dalam sejarah Amerika. Strauss dan Howe meletakkan dasar teori mereka dalam buku Generation, yang diterbitkan pada tahun 1991. Buku tersebut membahas sejarah Amerika Serikat sebagai serangkaian biografi generasi yang kembali mundur ke tahun 1584. Dalam buku The Fourth Turning yang diterbitkan pada tahun 1997, penulis memperluas teori yang berfokus pada siklus empat tahap jenis generasi dan periode 'mood' yang berulang dalam sejarah Amerika. Sejak itu mereka memperluas konsep tersebut di berbagai publikasi.

Teori ini dikembangkan untuk menggambarkan sejarah Amerika Serikat, termasuk 13 koloni dan pendahulunya di Inggris; di mana konsep ini merupakan penelitian yang paling rinci yang pernah dilakukan. Namun, penulis juga telah meneliti kecenderungan pada generasi di tempat lain di dunia dan menggambarkan siklus serupa di beberapa negara maju.[1]

Dalam artikel yang diterbitkan pada tahun 2009 yang berjudul "The Chronicle of Higher Education", Eric Hoover yang dikenal sebagai penulis yang mempelopori sebuah industri konsultan, seorang pembicara, dan peneliti, juga sedang berfokus pada generasi.[2] Respons akademis terhadap teori ini berbaur dengan pujian terhadap Strauss dan Howe atas tesis mereka yang 'berani' dan 'imajinatif'; di mana pada saat yang sama, yang lainnya justru mengkritik teori mereka.[3] Kritik atas teori ini berfokus pada kurangnya bukti empiris yang ketat dalam pembuktikan klaim mereka,[4] dan juga aspek-aspek persepsi dalam argumen dapat mengabaikan perbedaan nyata dalam populasi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strauss & Howe 1997, pp. 119–121.
  2. ^ Hoover, Eric "The Millennial Muddle". The Chronicle of Higher Education. October 11, 2009.
  3. ^ Jones,, Gary L. (Fall 1992). "Strauss, William and Neil Howe 'Generations: The History of America's Future, 1584–2069' (Book Review)". Perspectives on Political Science. 21 (4): 218. ISSN 1045-7097.  Retrieved 23 January 2012.
  4. ^ Giancola, 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]