Tengin Baru, Sepaku, Penajam Paser Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tengin Baru
Kantor kepala desa Tengin Baru
Kantor desa Tengin Baru
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenPenajam Paser Utara
KecamatanSepaku
Kodepos
76147
Kode Kemendagri64.09.04.2001 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk3.893 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Tengin Baru adalah salah satu desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Desa Tengin Baru memiliki struktur geologi berbukit. Desa tengin baru berada pada ketinggian 200 mdpl, serta memiliki batas wilayah timur dengan desa Argomulyo, wilayah barat dengan desa Sukaraja, wilayah selatan dengan desa Wonosari, dan wilayah Utara berbatasan dengan HTI PT.IHM. Sementara iklim curah hujan di desa tengin baru 230 Ml dan suhu udara 23 °C.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum Tahun 1997 Desa Tengin Baru bernama Desa Sepaku III yang terbentuk karena datangnya para Transmigran pada tahun 1977. Pada perjalanan Desa Sepaku III dipimpin oleh beberapa Kepala Desa antara lain:

1. Yusuf: Kepala Desa yang ditunjuk oleh UPT

2. Mispan: Kepala Desa Definitif Pertama

3. Sakimin: Kepala Desa Kedua (peralihan nama Desa Sepaku III ke Desa Tengin Baru)

4. Ahmad Mauladin: Kepala Desa Ketiga (Tahun 1999 – 2005)

5. Tugiarti: Pj. Kepala Desa Tengin Baru (Tahun 2005 – 2009)

6. Sutarto: Kepala Desa Keempat (Tahun 2009 -2014)

7. Ahmad Bastian: PJ Kepala Desa (tahun 2015)

8. Abdul Haris Nasution: Kepala Desa (tahun 2016-2017)

9. Ahmad Mauladin: Kepala Desa (2017-2021)

Nama Desa Tengin Baru sendiri berasal dari nama sebuah sungai yang terletak di sebelah timur dan berlanjut ke sebelah selatan Desa. Nama sungai tersebut adalah sungai Tengin. Dengan harapan Sungai tersebut bisa menjadi salah satu sumber penghidupan bagi Warga Desa dan untuk tetap melestarikan nama Sungai Tengin. Maka pada rapat bersama antara warga Desa dan para Perangkat Desa pada tahun 1997 nama Desa Sepaku III resmi berganti nama menjadi Desa Tengin Baru.

Pemerintah[sunting | sunting sumber]

Dalam administrasi desa tengin baru pada tahun 2015 dipimpin oleh Pelaksana Jabatan (PJ) Ahmad Bastian, S.Sos yang dilantik pada awal tahun 2015. dia juga menjabat sebagai sekretaris camat sepaku.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jenjang Pendidikan

TK/PAUD

SD

SMP

SMA

jumlah

3

3

1

1

8
Keterangan:

1. PAUD Mulia Abadi

2. PAUD Anggrek

3. TK Bina Ana Prasa

4. SDN 001 Penajam Paser Utara

5. SDN 002 Penajam Paser Utara

6. SDN 003 Penajam Paser Utara

7. SMPN 2 Penajam Paser Utara

8. SMAN 3 Penajam Paser Utara

kesehatan[sunting | sunting sumber]

Desa tengin baru memiliki sarana kesehatan antara lain 1 unit puskesmas dan 6 unit posyandu yang tersebar.

Perhubungan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2015 kondisi transportasi di desa tengin baru masih sangat minim dan kondisi jalan kurang baik karena jalan poros pada desa tengin baru menjadi jalur yang sering dilewati kendaraan bertonase besar.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Desa tengin baru memiliki infrastruktur yang cukup memadai pada setiap dusun, karena setiap dusun telah memiliki jalan aspal dengan keadaan baik sekitar ± 6 Km dan jalan tanah berbatu dengan kondisi baik ± 14 Km dan dengan keadaan rusak ± 6 Km.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Desa tengin baru dalam hal angkutan kurang memadai karena tidak adanya angkutan desa maupun jasa umum lainnya seperti ojek untuk mengakses fasilitas umum yang ada di desa maupun di kecamatan. Akses yang dapat dicapai untuk menuju kabupaten satu dengan yang lainnya dengan menggunakan mini bus yang memiliki jadwal pemberangkatan tertentu. Sedangkan untuk memudahkan pelajar desa tengin baru menuju sekolah mereka baik SMP maupun SMA desa tengin baru menggunakan bus sekolah.

Pelayanan Publik[sunting | sunting sumber]

Di desa tengin baru pengadaan air bersih atau PDAM telah tersedia guna memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Akan tetapi, pengaliran air PDAM tidak merata dan masih terjadwal atau tidak mengalir setiap hari. di desa tengin baru sendiri masih terbilang sulit dalam memperoleh air bersih. Untuk memperoleh air bersih mayoritas dari warga tengin baru masih menggunakan sumur yang menampung air hujan, sumur bor dan kolam penampungan air.

Keadaan listrik di tengin baru sudah terbilang merata karena setiap warganya telah memiliki penerangan di rumahnya masing-masing. Akan tetapi pada tahun 2015 pemadaman listrik masih sering terjadi. Penjadwalan pemadaman listrik di desa tengin baru biasanya terjadi 4 hari sekali.

Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Desa tengin baru memiliki kebudayaan yang sering dipertontonkan dalam acara-cara besar maupun hanya untuk menghibur warga yaitu kuda lumping. Desa tengin baru memiliki kesenian kuda lumping dalam 4 kelompok terbagi dari berbagai dusun yang ada di desa tengin baru. Warga desa tengin baru sangat tinggi akan hal melestarikan kebudayaan Indonesia terlihat dari antusias untuk dapat paham akan makna dari kebudayaan ini karena tidak hanya orang dewasa saja namun anak-anak dan remaja setempat memiliki semangat yang tinggi dalam memperlajari kebudayaan ini. Desa tengin baru melestarikan kebudayaan kuda lumping dikarenakan mayoritas warga bersuku jawa.