Temu (lokapasar)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Temu adalah sebuah aplikasi lokapasar milik Tiongkok yang berbasis di Boston, Amerika Serikat. ­Aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi buatan PDD Holdings Inc, yang juga mengoperasikan perangkat lunak serupa, yaitu Pinduoduo. Menurut Forbes, aplikasi tersebut menduduki peringkat satu aplikasi paling populer di App Store hampir sepanjang 2023.

Aplikasi tersebut diluncurkan pada September 2022 dan dipakai sebagai pasar tempat konsumen mencari dan membeli produk dari berbagai vendor. Aplikasi tersebut menawarkan berbagai macam produk yang mencakup beberapa kategori, yaitu elektronik, peralatan rumah tangga, pakaian dan aksesoris, kesehatan dan kecantikan, rumah dan taman, serta mainan dan hobi.

Aplikasi tersebut menjaga harga barang tetap rendah dengan cara menghilangkan perantara. Hal tersebut memungkinkan perusahaan vendor dari Tiongkok dapat menjual barang secara langsung ke konsumen. Aplikasi tersebut telah diunduh sekitar 24 juta kali dalam waktu lima bulan setelah diluncurkan. 

Aplikasi tersebut secara masif mempromosikan aplikasinya dengan berbagai macam cara, mulai dari menggandeng selebriti seperti Jason Derulo dan Juju Smith-Schuster hingga memasang iklan di Instagram, Facebook, dan Snapchat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]