Tempat Ziarah Loreta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tempat Ziarah Loreta
Kompleks Gereja, Biara dan Taman Ziarah Loreta di Praha
bahasa Ceska: Pražská Loreta
Tempat Ziarah Loreta
LokasiPraha
Negara Ceko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki, tempat ziarah nasional, biara
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Praha

Loreta dilihat dari alun-alun

Tempat Ziarah Loreta (bahasa Ceska: Pražská Loreta) adalah sebuah gereja, biara dan tujuan peziarahan Katolik yang terletak di Hradčany, sebuah distrik di Praha, Republik Ceko. Terdiri dari biara, gereja Kelahiran Tuhan, Santa Casa dan menara jam dengan lonceng yang terkenal.

Konstruksi dimulai pada tahun 1626 dan Tempat Suci ini diberkati pada tanggal 25 Maret 1631. Arsiteknya adalah Giovanni Orsi asal Italia, dan proyek ini dibiayai oleh Kateřina Benigna, seorang wanita bangsawan dari keluarga Lobkowicz. Lima puluh tahun kemudian tempat ziarah itu dikelilingi oleh serambi, dan lantai atasnya ditambahkan setelah tahun 1740 oleh Kilián Ignác Dientzenhofer.[1] Fasad barok dirancang oleh para arsitek Christoph Dientzenhofer dan Kilian Ignaz Dientzenhofer, dan ditambahkan pada awal abad ke-18.

Kapel ini paling terkenal dengan peal-nya, yang terdengar sejak 15 Agustus 1695. Kapel ini dibangun pada tahun 1694 oleh pembuat jam tangan Peter Neumann dari tiga puluh lonceng yang lebih kecil dan lebih besar.

Saat ini bangunan tersebut juga menampung banyak koleksi peralatan liturgi, terutama monstran. Pameran kadang-kadang diadakan di lantai pertama biara.

Loreta Square yang berdekatan (bahasa Ceska: Loretánské náměstí) dinamai menurut nama Loreta.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ loreta.html "Istana Praha - Loreta" Periksa nilai |url= (bantuan). prague-castle.org. Diakses tanggal 15 Februari 2015.