Tempat Ziarah Lluc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tempat Ziarah Lluc
Tempat Ziarah Nasional Bunda Allah di Biara Bunda dari Lluc
Spanyol: El santuario de Santa María de Lluch
Tempat Ziarah Lluc
LokasiEscorca
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusTempat ziarah nasional
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Mallorca

Tempat Ziarah Lluc yang bernama lengkap resmi Tempat Ziarah Bunda Allah di Biara Bunda dari Lluc (Spanyol: Santuari de Lluc)[1] adalah sebuah situs tempat ziarah nasional, basilika serta biara Katolik yang terletak di kotamadya Escorca di barat laut Majorca, Spanyol. Letaknya di cekungan pada ketinggian 525 meter dan dikelilingi oleh sejumlah gunung tinggi seperti Puig de Massanella. Tempat suci ini didirikan pada abad ke-13 setelah seorang penggembala Moor menemukan patung Perawan Maria di lokasi di mana biara tersebut kemudian didirikan.

Lluc dianggap sebagai situs ziarah terpenting di Majorca. Ia juga dikenal dengan paduan suara anak laki-laki, Els Blauets (nama yang diambil dari jubah biru yang dikenakan oleh anak laki-laki), yang didirikan pada tahun 1531; paduan suara mengadakan konser rutin dan telah mendapatkan ketenaran internasional. Sebuah sekolah asrama dan berbagai fasilitas berorientasi wisata dapat ditemukan di kota. Saat ini, sel-sel mantan biksu disewakan kepada pengunjung.

Karena terletak di pusat Serra de Tramuntana biara ini sering digunakan sebagai titik awal untuk tur jalan kaki. Setiap tahun, pada akhir pekan pertama bulan Agustus, ada jalan malam dari Palma ke tempat suci. Perjalanan dimulai pada pukul 23:00, berangkat dari Plaça Güell di ibu kota.

Di belakang bangunan biara terdapat jalur taman botani yang berisi eksposisi kecil tentang pelestarian lingkungan kawasan pegunungan Majorcan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 39°49′23″N 2°53′02″E / 39.823°N 2.884°E / 39.823; 2.884