Lompat ke isi

Temel Karamollaoğlu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Temel Karamollaoğlu

Temel Karamollaoğlu (lahir 20 September 1941) adalah seorang politikus asal Turki. Ia berhasil meraih gelar Master di bidang Teknologi Tekstil dari Universitas Manchester pada tahun 1964. ia memilih terjun di kancah politik sebagai anggota parlemen dan terpilih pada tahun 1977 dari partai MSP (Milli Selamet Partisi/National Salvation Party).

Karamollaoğlu menjabat sebagai ketua partai SP (Saadet Partisi-Felicity Party) yang berideologi Islamis. Catatan karir politiknya pernah tersendat ketika dirinya ditangkap saat peristiwa kudeta tahun 1980. Ia kemudian terpilih sebagai Walikota Sivas sebanyak dua kali yakni pada tahun 1989 dan 1994. Kiprah politiknya yang lain, dirinya pernah bekerja dengan Erdoğan ketika aktif di partai RP (Refah Partisi/Welfare Party). Karamollaoğlu yang juga pernah terpilih sebagai anggota parlemen di tahun 1995 dari partai yang sama.

Sejak tahun 2016, Karamollaoğlu menjabat sebagai ketua umu partai SP. Dengan modal pengalaman politik yang dimilikinya, Ia cukup percaya diri dalam menghadapi lima kandidat lainnya. Dalam tahapan pemilu 2018, Karamollaoğlu telah berhasil mengumpulkan sebanyak 160 ribu tanda tangan sebagai syarat untuk ikut berkontestasi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]