Teluk Xizi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Teluk Xizi
西子灣
LetakTaiwan
Jenis perairanTeluk
Terletak di negara Taiwan
Peta

Teluk Xizi ( Hanzi: 西子灣; Hanyu Pinyin: Xīzǐwān; Tongyong Pinyin: Sizǐhwan ) adalah area tempat tinggal sekaligus tempat wisata yang terletak di Distrik Gushan, Kaohsiung, Taiwan, dan menghadap Selat Taiwan, dikenal juga dengan nama Sizihwan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Sebuah kartu pos dengan gambar "Seishiwan", saat Taiwan di bawah kekuasaan Jepang

Nama Sizih (西子) juga dapat merujuk ke Xi Shi, sebuah nama alternatif yang digunakan oleh penyair Su Dongpo dari dinasti Song yang mengacu pada suatu istilah yang merujuk pada keindahan yang terkenal di masa lalu, yang entah bagaimana menyiratkan pemandangan di daerah teluk ini yang indah dan seindah seorang wanita.

Teluk Xizi juga memilliki nama lain meliputi:

  • 洋路灣; Yánglùwān; Iûⁿ-lō͘-oan; 'Teluk jalan laut'
  • 洋子灣; Yángzǐwān, dari Bahasa Hokkian Taiwan
  • 洋仔灣; Iûⁿ-á-oan; 'Teluk laut'
  • 斜灣; Xiéwān, dari 斜仔灣; Siâ-á-oan/Chhiâ-á-oan; 'teluk yang miring'

Letak Geografi[sunting | sunting sumber]

Teluk Xizi terletak di Selat Taiwan, tepatnya di utara pintu masuk Pelabuhan Kaohsiung. Teluk Xizi dikelilingi oleh Gunung Shou di timur laut dan Bukit Shaochuantou (哨船頭山), dengan Gunung Shou merujuk ke arah timur juga dengan Semenanjung Qijin di selatan [1]. Kawasan ini juga dilengkapi dengan kampus Universitas National Sun Yat-sen yang menghadap ke perairan lepas Selat Taiwan.

Pantai Teluk Xizi (dikenal sebagai Pantai Takao pada masa pemerintahan Jepang ) adalah pantai pasir hitam yang terletak tepat di tepi kampus dan merupakan area rekreasi yang terkenal. Bekas Konsulat Inggris di Takao dan Kuil Lingsing yang bersejarah di puncak Shaochuantou juga menghadap ke Teluk Xizi.

Atraksi Utama[sunting | sunting sumber]

Sepanjang Teluk Xizi terdapat dinding pemecah ombak yang menjadikan penanda lokasi Teluk Xizi. Wisatawan biasanya memanfaatkan dinding ini untuk berjemur di bawah sinar matahari atau berenang di perairan pantainya. Selain berenang, di teluk ini juuga terdapat akuarium air asin, taman tepi laut dan Balai Peringatan Demokrasi Nasional Taiwan. [2].

Pada 2007, Pemerintah Kota Kaohsiung merencanakan proyek Pantai Buatan di Teluk Xizi. Teluk ini dinilai menjadi daya tarik tersendiri karena menyuguhkan ciri khas kota Kaohsiung. Namun, garis pantai di Teluk Xizi telah mengalami kemunduran karena pembangunan Universitas Nasional Sun Yat-sen dan erosi pantai. Selain itu, tumpukan pemecah gelombang di sepanjang garis pantai menimbulkan kesan negatif terhadap pantai [3].

Teluk Xizi menjadi lokasi utama dari acara Festival Musim Panas Kaohsiung- Teluk Sizihwan 2008 yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Kaohsiung. Festival ini berlangsung dari 6 Juli hingga 31 Agustus 2008. Festival musim panas ini menyediakan konser musik populer dan musik aborigin, pertunjukan seniman jalanan, pertunjukan bikini, film luar ruang, pertunjukan kembang api, BBQ serta bar bir [4].

Akses menuju Teluk Xizi[sunting | sunting sumber]

Teluk Xizi dapat diakses langsung dengan sepeda dan berjalan kaki melalui Terowongan Teluk Xizi (melalui gunung Shaochuantou). Terowongan ini dibangun dari 1927 hingga 1933, dan merupakan objek wisata. Lalu lintas kendaraan yang lebih besar juga melalui area ini dengan dua rute lain yang memutar di sekitar gunung. Layanan bus umum ke area tersebut tersedia dari G-Bus #99 dan bus antar-jemput metro O1(橘1) . Stasiun Mass Rapid Transit Kaohsiung terdekat adalah terminal Jalur Oranye di Stasiun Teluk Xizi yang berlokasi tidak di Sizihwan tetapi di Hamasing.

Galeri Foto[sunting | sunting sumber]

Teluk Xizi dari depan dengan pantai pasir hitam di sebelah kanan, Jalan Lianhai di tengah, dan gedung-gedung Universitas Nasional Sun Yat-sen dan Shoushan di sebelah kiri, Gunung Qihoudi Cijin terletak di belakang pintu masuk Pelabuhan Kaohsiung sebagai latar belakang

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Redaksi. "Teluk Xizi". Taiwan.net. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  2. ^ "Xizi Bay". Tourism Bureau, Republic of China (Taiwan). Diakses tanggal 7 April 2022. 
  3. ^ Lin. "2008 Summer Kaohsiung Sizihwan Bay Festival". Information Bureau, Kaohsiung City Government. Diakses tanggal 7 April 2022. 
  4. ^ Lin. "2008 Summer Kaohsiung Sizihwan Bay Festival". Information Bureau, Kaohsiung City Government. Diakses tanggal 7 April 2022.