Telok-pipit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beragam telok pipit yang dapat ditemukan dalam genus Basidiomycota.

Telok-pipit atau jamur bola (Bahasa Inggris : Puffball) adalah sejenis jamur yang memiliki tubuh buah berbentuk bola yang (bila matang) pecah jika bersentuhan atau terbentur, melepaskan awan spora seperti debu ke area sekitarnya. Telok-pipit termasuk dalam divisi Basidiomycota dan mencakup beberapa genera, termasuk Calvatia, Calbovista, dan Lycoperdon .[1] Telok-pipit sebelumnya dianggap sebagai kelompok taksonomi yang disebut Gasteromycetes atau Gasteromycetidae, tetapi sekarang mereka dikenal sebagai kumpulan polifiletik .

Ciri yang membedakan semua Telok Pipit adalah tidak memiliki tutup terbuka dengan insang yang mengandung spora. Sebaliknya, spora diproduksi secara internal, dalam tubuh buah bulat yang disebut gasterothecium ( basidiocarp 'seperti perut' gassteroid). Saat spora matang, mereka membentuk massa yang disebut gleba di tengah tubuh buah yang seringkali memiliki warna dan tekstur yang khas. Basidiokarp tetap tertutup sampai spora dilepaskan dari basidia . Akhirnya, ia mengembangkan lubang, atau mengering, menjadi rapuh, dan pecah, dan spora keluar. Spora telok-pipit kerupakan statismospora, bukan balistospora, artinya spora tersebut tidak dikeluarkan secara paksa dari basidium. Telok Pipit dan bentuk serupa diperkirakan telah berevolusi secara konvergen (yaitu, dalam berbagai peristiwa independen) dari Hymenomycetes melalui gasteromycetation, melalui tahap sekotioid . Jadi, 'Gasteromycetes' dan 'Gasteromycetidae' sekarang dianggap sebagai istilah deskriptif dan morfologis (lebih tepatnya gasteroid atau gasteromycetes, untuk menghindari implikasi taksonomi) tetapi bukan istilah kladistik yang valid.

Telok Pipit sejati tidak memiliki tangkai atau batang yang terlihat, sedangkan puffball bertangkai memiliki tangkai yang menopang gleba. Tak satu pun dari Telok pipit yang bertangkai dapat dimakan karena merupakan jamur yang keras dan berkayu. [2] Hymenogastrales dan Enteridium lycoperdon, sejenis jamur lendir, adalah Telok Pipit palsu . Gleba yang berbentuk tepung saat matang merupakan ciri khas telok Pipit sejati, telok-pipit bertangkai, dan bintang bumi. Telok-pipit palsu keras seperti batu atau rapuh. Semua telok-pipit palsu tidak bisa dimakan karena rasanya keras dan pahit. Genus Scleroderma, yang memiliki gleba ungu muda, juga harus dihindari. [2]

Telok Pipit secara tradisional digunakan di Tibet untuk membuat tinta dengan cara dibakar, digiling abunya, kemudian dimasukkan ke dalam air dan ditambahkan cairan lem dan "rebusan nye shing ma ", yang jika ditekan dalam waktu lama, akan menghasilkan zat berwarna hitam gelap yang digunakan sebagai tinta.[3] Orang Amerika di pedesaan membakar Telok pipit biasa dengan sejenis pengasap lebah untuk membius lebah madu sebagai sarana untuk mendapatkan madu dengan aman; praktik ini kemudian mengilhami penerapan pengobatan eksperimental dari asap Telok Pipit sebagai anestesi umum bedah pada tahun 1853.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Freedman, Louise; Mycological Society of San Francisco (2000) [1987]. "Wild About Mushrooms:Puffballs". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-09-28. Diakses tanggal 2008-08-03. 
  2. ^ a b Miller, Orson K. (1977). Mushrooms of North America. New York, NY: E.P. Dutton Publisher. hlm. 298. ISBN 978-0-525-47482-1. 
  3. ^ Cuppers, Christoph (1989). "On the Manufacture of Ink." Ancient Nepal – Journal of the Department of Archaeology, Number 113, August–September 1989, p. 5.
  4. ^ Hopper, Christopher P.; Zambrana, Paige N.; Goebel, Ulrich; Wollborn, Jakob (2021-06-01). "A brief history of carbon monoxide and its therapeutic origins". Nitric Oxide (dalam bahasa Inggris). 111-112: 45–63. doi:10.1016/j.niox.2021.04.001. ISSN 1089-8603. PMID 33838343 Periksa nilai |pmid= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal 2021-04-26.