Tell Me

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sampul Single Tell Me

Tell Me merupakan lagu yang dinyanyikan hasil kolaborasi antara Christina Aguilera dengan Diddy. Lagu tersebut merupakan single kedua yang dirilis dari album terbaru Diddy yaitu Press Play. Single tersebut dirilis pada kurun waktu bulan November 2006 sampai Desember 2006, tepatnya pada bulan November 2006 untuk kawasan Amerika Serikat dan Australia, 14 November 2006 di Jerman dan 11 Desember 2006 di UK.

Lagu tersebut diciptakan oleh Stephen Garrett, Elizabeth Wyce, Sean Combs, Shannon Jones, Jack Knight, Shannon "Slam" Lawrence, Ryan Montgomery dan Leroy Watson, serta diproduseri oleh Just Blaze. Lagu tersebut juga turut didukung oleh Steve "Static" Garrett dan Yummy Bingham, seorang penyanyi dan pencipta lagu R&B sebagai co-written. Sementara bagian rap yang dinyanyikan oleh Diddy, ditulis oleh Royce Da 5'9.

Rencananya lagu Tell Me ini akan dijadikan sebagai demo track untuk grup musik Danity Kane, tetapi Diddy memutuskan untuk menggunakan lagu ini sebagai single dan memilih Christina Aguilera sebagai rekan duetnya. Single ini sebenarnya cukup sukses di berbagai tangga lagu dunia, tetapi gagal menjadi single andalan terbaik karena kurangnya promosi.

Video Klip[sunting | sunting sumber]

Christina Aguilera dalam video klip Tell Me

Penggambilan gambar untuk pembuatan video klip Tell Me telah dilakukan pada bulan September 2006 lalu di Los Angeles dan disutradari oleh Erik White. Video tersebut ditayangkan perdana pada tanggal 30 Oktober 2006 di MTV TRL Amerika.

Gambar video klip dibuka dengan penampilan Diddy beserta seperangkat peralatan stereo-nya dalam suatu ruangan bernuansa putih dengan diiringi lagu Diddy Rock, salah satu lagu yang diambil dari album Press Play. Seorang pelayan wanita masuk dan menghampiri Diddy dan bertanya apakah Diddy menginginkan si pelayan untuk melakukan Press Play padanya. Kemudian speaker dan TV menyala, terdengar musik Tell Me mengalun.

Saat Diddy bernyanyi rap, Diddy terpental akibat kuatnya gelombang bunyi speaker yang dinyalakannya, kemudian muncul wajah Christina Aguilera di layar TV. Ruangan yang semula bernuansa putih tiba-tiba tersapu akibat gelombang speaker tersebut dan Diddy akhirnya berada dalam suatu tempat gelap dengan angin besar yang berasal dari sebuah kipas. Di tempat itulah Diddy bertemu dengan Christina Aguilera.

Dalam video klip ini, Christina Aguilera menggunakan setelan blazer berwarna gelap yang memberikan nuansa berkelas, seksi dan modern serta terlihat kontras dengan image tahun 20-an dan 30-an yang glamor, sama seperti apa yang ditampilkan dalam nuansa album Back to Basics.

Penggambilan gambar lalu beralih dengan penampilan beberapa penari dengan latar belakang permainan lampu neon berwarna yang gemerlap. Pada akhir video klip, tampak simbol album Press Play yang di zoom out oleh kamera.

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Chart (2006) Peak
position
U.S. Billboard Hot 100 47
U.S. Billboard Pop 100 31
U.S. Billboard Hot R&B/Hip-Hop Songs 38
U.S. Billboard Hot Rap Tracks 14
Australian (ARIA) Charts 13
Austrian Single Chart 19
Belgium Top 50 23
Bulgarian Airplay Chart 1
Dutch Top 40 Singles 13
European Hot 100 Singles 13
Finnish Singles Chart 2
German Singles Charts 5
Indonesian Top 30 (LIMA) 1 (2x)
Irish IRMA Single Chart 8
Latvian Airplay Top 50 44
Poland Singles Chart 44
Portugal Single Chart 43
Romanian Airplay Top 100 43
Swiss Single Chart 7
UK Singles Chart 8
UK Official Download Chart 14
United World Chart 24