Back to Basics

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Back to Basics
B2B Official Album(HQ).jpg
Album studio karya Christina Aguilera
Dirilis 10 Agustus 2006 (2006-8-10)[1]
(see release history)
Direkam January 2006 – April 2006[2]
Genre Pop, R&B, soul, jazz, blues
Durasi 78:55
Label RCA
Produser Christina Aguilera (Executive producer), DJ Premier, Kwamé, Linda Perry, Rich Harrison, Mark Ronson, Big Tank
Kronologi Christina Aguilera
Stripped
(2002)Stripped2002
Back to Basics
(2006)
Keeps Gettin' Better - A Decade of Hits
(2008)String Modul Galat: Tidak cocok2008
Singel dari album Back to Basics
  1. Ain't No Other Man
    Dirilis: June 3, 2006
  2. Hurt
    Dirilis: October 18, 2006
  3. Candyman
    Dirilis: February 5, 2007
  4. Slow Down Baby
    Dirilis: July 28, 2007
  5. Oh Mother
    Dirilis: November 23, 2007

Back To Basics adalah album studio rekaman berbahasa Inggris ketiga yang diluncurkan oleh penyanyi pop sekaligus penulis lagu Amerika Serikat Christina Aguilera pada tanggal 15 Agustus 2006 lalu di Amerika Serikat dan Kanada, 9 Agustus 2006 di Jepang dan 12 Agustus di Australia. Di Eropa, album Back To Basics diluncurkan pada kurun waktu yang berbeda mulai dari tanggal 9 Agustus 2006 hingga 22 Agustus 2006.

Menurut Christina Aguilera, album terbarunya ini digambarkan sebagai suatu nuansa musik klasik pada era tahun 20-an, 30-an dan 40-an dengan irama jazz, blues dan "feel good soul music" tetapi dengan sentuhan modern.

Back To Basics menempati urutan tangga lagu pada posisi pertama di beberapa negara seperti Amerika Serikat, United Kingdom (UK), Kanada, Switzerland, Austria, Wales dan Irlandia pada waktu bersamaan. Kesuksesan album ini disejajarkan dengan album Madonna yang juga pernah menempati urutan pertama di berbagai negara secara bersamaan. Christina Aguilera adalah penyanyi wanita kedua setelah Madonna yang mampu menempatkan albumnya pada urutan teratas pada waktu yang bersamaan.

Sampai dengan saat ini album Back To Basic telah mendapatkan platinum di Amerika Serikat dengan angka penjualan mencapai hampir 2 juta kopi dan telah terjual sebanyak lebih dari 4,5 juta kopi di seluruh dunia. Di Jepang, Selandia Baru, Hongkong, Korea, Austria, Belgia, Hungaria dan Republik Ceko, Back To Basics telah mendapatkan sertifikasi gold. Sedangkan di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Britania Raya, Jerman, Irlandia, Kanada, Australia, Indonesia dan Singapore, album ini telah memperoleh platinum.

Pada ajang Grammy Award yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2007 lalu, Christina Aguilera memperoleh 2 nominasi untuk Best Pop Vocal Album dan Best Female Pop Vocal Performance untuk single pertamanya Ain't No Other Man. Sayangnya, Christina Aguilera dikalahkan oleh John Mayer dengan album Continuum untuk kategori Best Pop Vocal Album. Tetapi, Christina Aguilera tetap berhasil mendapatkan penghargaan untuk yang kedua kalinya pada kategori yang sama sebagai Best Female Pop Vocal Performance, kali ini dengan single Ain't No Other Man. Candyman juga dinominasikan dalam ajang Grammy Award ke 50 yang diselenggarakan pada bulan Februari 2008 untuk kategori serupa dengan Beautiful dan Ain't No Other Man, yaitu Best Female Pop Vocal Performance, bersaing dengan Nelly Furtado, Fergi, Faist dan Amy Winehouse.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, album Back To Basics telah dirilis ulang pada bulan Desember 2006 lalu dengan tambahan DVD yang berisi penampilan-penampilannya saat melakukan konser.

Sampai dengan akhir tahun 2007 lalu, Christina Aguilera telah menjual lebih dari 10 juta keping single dari kantung album Back to Basics berdasarkan data dari United World Chart.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Back To Basics merupakan double album yang berisi 22 lagu yang dibagi menjadi 2 CD. Pada CD pertama terdiri dari 13 lagu hasil ciptaan Christina Aguilera dan beberapa penulis lagu lain, sedangkan pada CD kedua berisi lagu-lagu hasil ciptaan Christina Aguilera dan Linda Perry yang juga turut andil bagian dalam penulisan lagu Beautiful yang terdapat dalam album Stripped. Pada CD yang kedua ini juga disisipkan tambahan bonus berupa video mengenai proses pembuatan klip Ain't No Other Man dan komentar seputar pembuatan album Back To Basics

CD 1

  1. Intro (Back to Basics)
  2. Makes Me Wanna Pray
  3. Back In The Day
  4. Ain't No Other Man
  5. Understand
  6. Slow Downn Baby
  7. Oh Mother
  8. F.U.S.S.
  9. On Our Way
  10. Without You
  11. Still Dirrty
  12. Here To Stay
  13. Thank You (Dedication to Fans...)

CD 2

  1. Enter the Circus
  2. Welcome
  3. Candyman
  4. Nasty Naughty Boy
  5. I Got Trouble
  6. Hurt
  7. Mercy On Me
  8. Save Me From Myself
  9. The Right Man
  10. Back to Basics Bonus Video

Single[sunting | sunting sumber]


Sampai dengan saat ini, Christina Aguilera telah mengeluarkan 3 single dari album Back to Basics yaitu Ain't No Other Man, Hurt dan Candyman. Di Amerika Serikat, pihak label Christina Aguilera tidak akan merilis single lanjutan dari album Back To Basics karena peruntungan Christina untuk ketiga single sebelumnya, terutama Hurt dan Candyman yang sudah dirilis ternyata tidak cukup bagus baik di pasaran dalam hal penjualan single maupun tangga lagu.

Slow Down Baby akan dirilis dalam bentuk single hanya untuk kawasan Australia dan Asia. Sementara di kawasan Eropa, Oh Mother dipilih untuk menjadi single ke empat dari album Back To Basics karena lagu tersebut sudah banyak diputar di berbagai radio di kawasan Eropa. Kesuksesan single Hurt menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak label untuk merilis Oh Mother sebagai single ke empat.

Pada bulan Januari 2008, Christina merilis video music yang khusus dipersembahkan untuk para penggemarnya di seluruh dunia, yaitu Save Me From Myself, yang diambil dari disc kedua kantung album Back to Basics, sebagai ungkapan terimakasih atas segala dukungan yang diberikan oleh para penggemar selama ia mengandung anak pertamanya, buah perkawinan dengan Jordan Bratman. Para penggemarnya dapat mendownlad video tersebut dari situs resmi Christina Agulera.

CD Single[sunting | sunting sumber]


Video Klip[sunting | sunting sumber]



Here to Stay[sunting | sunting sumber]

Lagu ini digunakan sebagai icon musik untuk iklan salah satu produk minuman terkenal dunia yaitu Pepsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Christina Aguilera-Back to Basics (Poland)". Albertus. August 10, 2006. Diakses tanggal 2008-08-25. 
  2. ^ Lewis, Rob ((May 2006)). "Creating Christina". EQ Mag. Diakses tanggal 2008-08-25.