Teleskop Wolter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Wolter-telescope
Wolter-telescope
Wolter telescopes of Types I, II, and III.

Teleskop Wolter adalah teleskop sinar-X untuk menggunakan hanya optik grazing incidence. Teleskop cahaya tampak dibangun dengan lensa atau cermin parabola di insiden mendekati normal. Baik bekerja dengan baik untuk sinar-X. Lensa untuk cahaya tampak terbuat dari bahan transparan dengan indeks bias substansial berbeda dari satu, tetapi tidak ada bahan setara untuk sinar-x. Teleskop cermin konvensional berfungsi dalam sinar-X juga, karena cahaya hits cermin di kejadian mendekati normal, di mana sinar-X yang dikirim atau diserap, tidak tercermin.

Sinar-X cermin dapat dibangun, tetapi hanya jika sudut dari bidang refleksi sangat rendah (biasanya 10 arc-menit sampai 2 derajat).Ini disebut glancing melirik (atau grazing penggembalaan) cermin incidence kejadian. Pada tahun 1952, Hans Wolter menguraikan tiga cara teleskop bisa dibangun hanya menggunakan jenis cermin. Ini disebut Wolter teleskop tipe I, II, dan III. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Penemuan kunci Wolter adalah bahwa dengan menggunakan dua cermin adalah mungkin untuk membuat teleskop dengan bidang usably pandang lebar. Sebaliknya, teleskop grazing incidence dengan hanya satu parabola cermin bisa fokus X-ray, tetapi hanya sangat dekat dengan pusat bidang pandang seperti itu akan menderita koma ekstrem.

Referensi[sunting | sunting sumber]