Lompat ke isi

Telepon darurat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kotak panggilan di US Interstate Highway
Telepon polisi pinggir jalan di Odessa
Telepon darurat di pantai di Trefor, Gwynedd, Wales Utara

Telepon darurat adalah telepon yang khusus disediakan untuk melakukan panggilan ke layanan darurat dan paling sering ditemukan di tempat yang sangat berbahaya atau di mana kemungkinan besar ada kebutuhan untuk melakukan panggilan darurat. Kadang-kadang juga dikenal sebagai lampu biru, berdasarkan lampu yang digunakan pada tiang telepon darurat yang menyala di malam hari.

Telepon darurat pinggir jalan[sunting | sunting sumber]

Meskipun sulit untuk menentukan kapan dan di mana telepon darurat jalan raya paling awal dikembangkan, tidak diragukan lagi salah satu contoh paling awal adalah telepon jalan bebas hambatan yang dikembangkan di Australia Barat pada tahun 1966. Sistem ini dikembangkan oleh Alan Harman, seorang karyawan perusahaan keamanan Australia Barat, Central Station Security Company, Electronic Signals Pty Ltd, yang mengemukakan ide tersebut setelah membaca kabar tentang tumpukan kendaraan di Jalan Tol Kwinana. Artikel surat kabar tersebut menyebutkan bahwa bantuan sulit diberikan kepada mereka yang terlibat dalam penumpukan tersebut. Sistem yang Harman bayangkan adalah serangkaian unit telepon dalam sebuah kotak di tiang pendek, berjarak setiap 160 meter (0,1 mi) di jalan raya Perth. Mengangkat telepon akan memicu alarm di pusat kendali Jalan Utama, dan kebutuhan akan polisi, pemadam kebakaran, atau ambulans kemudian dapat ditentukan oleh penelepon. Harman mengembangkan sistem tersebut dengan persetujuan Komisaris Jalan Utama dan Chief Engineer, dengan mengadaptasi desain fasilitas komunikasi yang ada yang digunakan di perusahaan keamanan tempat dia bekerja. [1]

Telepon darurat umumnya ditemukan di sepanjang jalan-jalan utama di seluruh dunia. Di Inggris, kotak panggilan "SOS" berwarna oranye ditempatkan setiap 16 kilometer (10 mi) di semua jalan raya serta beberapa jalan utama "A", dengan penanda pinggir jalan yang menunjukkan telepon terdekat. Telepon darurat dipasang setiap 0,25 mil (400 m) di semua jalan raya dengan akses terbatas (“Jalan Raya”) di seluruh California Selatan di Amerika Serikat mulai tahun 1970-an. Di Melbourne, Australia, telepon darurat diperkenalkan di jalan raya metropolitan pada tahun 1976, awalnya di Jalan Raya Tullamarine, Tenggara, dan Yarra Hilir (Gerbang Barat). [2] Di Italia "Autostrade" ("Jalan Raya"), telepon darurat "SOS", umumnya berwarna kuning, ditemukan berjarak setiap 2 kilometer (1,2 mi) .

Karena penggunaan telepon seluler terus meningkat, kebutuhan akan telepon darurat menurun dan telepon tersebut sudah tidak lagi digunakan di banyak kota. [3] Di California, kotak panggilan jalan bebas hambatan turun dari 98.000 penggunaan pada tahun 2001 menjadi 20.100 pada tahun 2010, atau sekitar 1 panggilan per kotak per bulan. Pemeliharaan tahunan kotak panggilan jalan bebas hambatan untuk program Otoritas Layanan untuk Jalan Tol dan Jalan Tol (SAFE) di San Francisco Bay Area adalah $1,7 juta per tahun pada tahun 2011. [4] Selama tahun 2010-an, California menghapus sebagian besar kotak panggilan mereka di wilayah perkotaan dan pinggiran kota, sehingga hanya menyisakan di wilayah dengan penerimaan seluler yang minimal. [5] [6]

Lokasi umum lainnya untuk telepon darurat[sunting | sunting sumber]

Telepon darurat juga bisa ditemukan di ujung jembatan atau dekat tebing yang memiliki riwayat penggunaan bunuh diri. Panggilan ini umumnya disalurkan langsung ke lembaga pendukung yang sesuai seperti The Samaritans di Inggris. Mereka juga kadang-kadang ditemukan di sepanjang garis pantai di mana masyarakat mungkin ingin melaporkan perenang atau perahu yang berada dalam bahaya. Di Inggris, telepon semacam itu terhubung langsung ke Coastguard. Telepon darurat juga ditemukan di lift di mana situasi terjebak di dalam lift dapat terjadi. Telepon darurat ini terhubung ke operator langsung yang dapat membantu orang keluar dari lift yang berhenti.

Beberapa model mobil memiliki tombol SOS yang menghubungkannya ke pusat darurat perusahaan mobil atau layanan darurat dan menyediakan data lokasi GPS. Jika mobil mengalami tabrakan dan kantung udara mengembang, maka telepon darurat di dalam mobil akan aktif, meskipun penumpang tidak dapat menjangkaunya. Di Eropa, inisiatif eCall telah menjadikan fungsi ini wajib di semua mobil yang dijual mulai April 2018. [7]

Telepon darurat bergaya tumpuan yang terintegrasi di kampus

Di beberapa negara, telepon ini juga ditemukan di tempat di mana orang mungkin merasa rentan atau tidak aman pada malam hari. Mereka umumnya ditemukan di kampus universitas, taman kota dan perumahan. Telepon ini umumnya terhubung dengan pihak keamanan yang berpatroli di jalan-jalan tempat telepon berada. Dan di kampus, mereka biasanya terhubung dengan pihak keamanan kampus atau polisi. [8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Humble beginnings for freeway phones (July 1998). Western Roads: official journal of Main Roads Western Australia, 21(2), p.18. Perth: Main Roads Western Australia, 1998.
  2. ^ Country Roads Board Victoria, Sixty-Third Annual Report: for the year ended 30th June, 1976, Burwood, Victoria: Brown, Prior, Anderson, 1976
  3. ^ "Orange County Register, "500 freeway call boxes set to make an exit" May 17, 2005". Diarsipkan dari versi asli tanggal March 3, 2016. Diakses tanggal June 15, 2006. 
  4. ^ Cabanatuan, Michael (May 1, 2011). "Highway call boxes becoming obsolete". San Francisco Chronicle. Diakses tanggal March 19, 2013. 
  5. ^ Nguyen, Alexander (Mar 17, 2018). "Freeway Call Boxes Going the Way of Pay Phones — Extinct". 7 San Diego (NBC). Diakses tanggal 2019-10-24. 
  6. ^ Downey, David (Mar 13, 2019). "Riverside County to remove 225 highway call boxes, some are never used". The Press-Enterprise. Diakses tanggal 2019-10-24. In Los Angeles County, for example, more than 1 million calls for aid were placed from call boxes in 1988, when the L.A.-area had 4,500 highway phones, Jager said. Fast forward to today and the number of call boxes stands at 576. 
  7. ^ "eCall in all new cars from April 2018 | Shaping Europe's digital future". wayback.archive-it.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-30. Diakses tanggal 2021-09-08. 
  8. ^ Meyerhofer, Kelley. "Are blue light phones obsolete?". Madison.com. Wisconsin State Journal. Diakses tanggal 29 April 2020.