Telaga Merdada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Telaga Merdada dapat dikunjungi didesa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya terletak didataran tinggi Dieng.[1]

Wisata Telaga Merdada termasuk salah satu obyek wisata yang sangat diminati para pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya.

Telaga Merdada memiliki luas area 25 hektar dengan ketinggian 2045 meter di atas permukaan laut (mdpl). Telaga Merdada menampilkan keindahan alam dengan suasana background perbukitan yang mengelilingi kawasan telaga.Terdapat bukit yang mengelilingi Telaga Merdada, yaitu Bukit Pangonan dan Bukit Semurup.

Untuk menambah keindahan alaminya bagian tepi telaga dapat dijumpai berbagai jenis tanaman sayuran yang dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat desa. Pada wisata Telaga Merdada dapat menggunakan perahu untuk mengelilingi telaga menggunakan perahu maupun maupun menikmati keindahan alam. Fasilitas lainnya yang tersedia di kawasan wisata ini, berupa toilet, spot foto, mushola, dan warung wisata. Telaga Merdada adalah danau yang berada di kawasan tinggi Dieng yang menjadi salah satu wisata alam yang menarik untuk di kunjungi[2]

Asal usul Telaga Merdada[sunting | sunting sumber]

Nama Merdada merujuk pada "dada" yang memiliki arti luas atau lapang. Telaga Merdada sangat unik Berbeda dengan telaga lainnya, Telaga Merdada tidak memiliki sumber air satu pun. Sehingga, semua air yang ditampung oleh Telaga Merdada merupakan tampungan air hujan.

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Merdada[sunting | sunting sumber]

Wisata Telaga Merdada buka setiap hari pada pukul 07.00-17.00 Wib, yang dapat diatur dengan waktu kosong para pengunjung.

Bagi para pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir untuk kendaraan motor sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. [1]

Strategi Pengembangan Wisata[sunting | sunting sumber]

  1. Pembuatan Peta Jalan untuk mempermudah para pengunjung

2. Penyusunan program inovasi dan berkreasi

3. Sosialisasi dan promosi mengenai potensi Telaga Merdada

4. Pembenahan dan pembersihan area Telaga Merdada terus dilakukan secara berkala[3]


Referensi[sunting | sunting sumber]

< />

  1. ^ a b Media, Kompas Cyber (2023-02-09). "Mengenal Telaga Merdada, Telaga Terluas di Dataran Tinggi Dieng Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-02-26. 
  2. ^ Chairunnisa, Ninis (2021-07-29). "Keunikan Telaga Merdada di Dataran Tinggi Dieng, Siap Jadi Destinasi Unggulan". Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  3. ^ Chairunnisa, Ninis (2023-02-08). "Catat, Dieng Culture Festival 2023 Dijadwalkan pada 25-27 Agustus". Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-26.