Teko Utah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teko Utah, atau bisa disebut Teko Newell, merupakan sebuah model komputer tiga dimensi yang diciptakan pada tahun 1975. Model ini dicetuskan oleh seorang peneliti grafis komputer bernama Martin Newell melalui tugas akhir disertasinya di Universitas Utah.[1] Newell memilih untuk menggunakan teko merek Melitta karena bentuk lekukan, pegangan, tutup, dan ceratnya terlihat sangat ideal untuk penelitian grafisnya.

Model teko ini kemudian melambangkan grafik komputer tiga dimensi yang rumit dan menjadi standar referensi bagi komunitas grafis komputer. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmuwan komputer di seluruh dunia mulai mengenal konsep teko utah dan telah menerapkan model ini ke dalam proyek grafis mereka sebagai bentuk penghormatan atau lelucon, tergantung individu yang menceritakan konsep modelnya. Model grafis ini juga telah muncul di beberapa tempat, seperti film Pixar (Toy Story), serial kartun (The Simpsons), dan Microsoft Windows (pengaman layak bertajuk “Pipa”).[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Newell mempunyai sebuah gagasan tentang alogaritma matematika yang dapat menampilkan bentuk tiga dimensi secara realistis, dimana dapat mengubah efek rumit seperti bayangan, tekstur reflektif, atau rotasi. Tetapi, ia mengalami kesulitan dalam menemukan objek yang cocok untuk penelitiannya. Pion catur, donat, ataupun guci merupakan beberapa objek sederhana yang sudah biasa digunakan untuk menyimulasikan pantulan.

Kemudian, Newell memberitahu istrinya Sandra bahwa ia membutuhkan sebuah objek untuk penelitiannya, dan Sandra menyarankan untuk menggunakan teko merek Melitta yang biasa mereka gunakan. Saran tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk eksperimen penelitiannya, dimana objek tersebut memiliki bentuk ideal mulai dari lekukan, pegangan, tutup, dan cerat tekonya. Selain itu, teko ini juga bisa melemparkan bayangan pada objek itu sendiri ke beberapa arah.

Setelah membuat gambar rancangan model tersebut, Newell mencoba untuk memasukkan koordinat sketsa -biasa disebut dengan titik kontrol Bézier- pada tabung penyimpanan Tektronix. Hasilnya menunjukkan bahwa teko tersebut terlihat lebih serbaguna dibandingkan model tiga dimensi lainnya.[3]

Melalui hal tersebut, Newell menemukan bingkai konsep tiga dimensi yang menggambarkan bentuk teko dengan menambahkan kulit permukaan. Konsep model grafis ini menarik perhatian koleganya bernama Jim Blinn, ia menyukai hasil penelitian Newell dan kemudian tercetuslah Teko Utah ini. Selama beberapa tahun, model grafis ini telah digunakan para ilmuwan komputer sebagai titik awal untuk mengeksplorasi teknik cahaya, bayangan, dan warna untuk meningkatkan kedalaman dan realisme.[4]

Artefak asli dari teko utah yang digunakan oleh Newell untuk eksperimen penelitian grafisnya sekarang disimpan di Museum Sejarah Komputer, di Mountain View, California.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Utanalog, Ceramic Utah Teapot - Unfold Design Studio". Unfold Design Studio. Diakses tanggal 2024-02-16. 
  2. ^ "Winter 2006-07 Continuum - Tempest In A Teapot". continuum.utah.edu. Diakses tanggal 2024-02-16. 
  3. ^ Dunietz, Jesse (2016-02-26). "The Most Important Object In Computer Graphics History Is This Teapot". Nautilus (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-16. 
  4. ^ "The Utah Teapot - CHM Revolution". www.computerhistory.org. Diakses tanggal 2024-02-16.