Teknologi cerdas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teknologi cerdas merupakan teknologi yang menggunakan sistem komputer dan mikroprofesor yang dapat memudahkan pengerjaan tugas sehari-hari dan proses pertukaran informasi. Peran sistem cerdas diharapkan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komputer. Mesin anjungan tunai mandiri atau ATM adalah contoh pemanfaatan teknologi cerdas yang terbukti sangat menguntungkan masyarakat. ATM memungkinkan para nasabah bank memperoleh informasi tentang status rekening mereka dan melakukan transaksi. Nasabah harus memastikan ulang jati diri mereka dengan cara memasukkan amgka pengenal pribadi rahasia atau PIN. jika PIN tersebut cocok untuk kartu yang dimasukka, nasabah dapat menarik sejumlah uang, mengecek neraca, atau memanfaatkan pilihan lain yang tersedia.

Teknologi cerdas juga memberi kesempatan bagi orang-orang yang mengalami cacat fisik tertentu untuk meningkatkan mutu kehidupannya. Misalnya dalam berkomunikasi untuk orang yang mengalami kesulitan dalam[1] menggerakkan kedua tangannya dapat menggunakan bantuan komputer, dengan cukup dikendalikan dengan gerakan kepala atau dengan meniup sejenis tabung. Kemudian alat sintesis suara dapat mengubah input pesan menjadi kalimat-kalimat ucapan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensiklopedia Sains untuk pelajar 5. jakarta: Lentera Abadi. 2007. ISBN 97903535-05-9 Periksa nilai: length |isbn= (bantuan).