Tebas dan hanguskan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tebas-dan-hanguskan merupakan alternatif tebang-dan-bakar yang mempunyai dampak lebih kecil terhadap lingkungan . Ini adalah praktik yang menghanguskan biomassa yang dihasilkan dari penebangan, bukan membakarnya. Akibat pembakaran tidak sempurna ( pirolisis ) sisa bahan arang yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai bioarang untuk meningkatkan kesuburan tanah .[1] [2]

Produksi arang di bawah penutup tanah

Dalam konteks tersebut, arang dapat dibuat dengan berbagai cara dan metode yang beragam. Cara yang paling sederhana, yang secara historis digunakan dalam produksi arang, melibatkan pembakaran tumpukan biomassa dengan menyalakannya di bagian atas (dikenal sebagai "pembakaran dari atas ke bawah" atau "pembakaran konservasi" [3] [4] ) atau lapisan tanah pada tumpukan kayu., dengan ventilasi yang ditempatkan secara strategis. Metode modern yang lebih canggih melibatkan peralatan yang memulihkan dan memproses secara ketat semua gas buang menjadi cuka kayu dan gas buatan .

Terlebih lagi, hal ini menyerap sejumlah besar karbon dengan cara yang paling aman dan bermanfaat, dibandingkan dengan dampak negatif dari tebang-dan-bakar. Peralihan ke sistem tebang-dan-char dapat menyerap hingga 50% karbon dalam bentuk yang sangat stabil.  Pasar perdagangan karbon yang baru lahir yang mensponsori proyek penyerapan CO2 , oleh karena itu, dapat membantu menambah pendapatan petani sekaligus mendukung penurunan laju pengawahutanan dan pengembangan pertanian yang lebih berkelanjutan .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biederman, L. A. (2012-12-31). "Biochar and its effects on plant productivity and nutrient cycling: a meta-analysis". GCB Bioenergy (dalam bahasa Inggris). 5 (2): 202–214. doi:10.1111/gcbb.12037. 
  2. ^ Niu, Li-qin; Jia, Pu; Li, Shao-peng; Kuang, Jia-liang; He, Xiao-xin; Zhou, Wen-hua; Liao, Bin; Shu, Wen-sheng; Li, Jin-tian (October 2015). "Slash-and-char: An ancient agricultural technique holds new promise for management of soils contaminated by Cd, Pb and Zn". Environmental Pollution (dalam bahasa Inggris). 205: 333–339. doi:10.1016/j.envpol.2015.06.017. 
  3. ^ Top Down Burn of Maize Stalks - Less Smoke - Make Biochar (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-12-17 
  4. ^ STOP BURNING BRUSH!, Make Easy Biochar, Every Pile is an Opportunity! (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-12-17