Lompat ke isi

Tarkas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiga Tarkas

Tarkas atau tempanah adalah wadah untuk menampung anak panah atau damak . Brnda ini dapat dibawa pada tubuh pemanah, busur, atau tanah, tergantung pada jenis penembakan dan preferensi pribadi pemanah. Tempat anak panah secara tradisional terbuat dari kulit, kayu, bulu, dan bahan alami lainnya, tetapi sekarang sering kali terbuat dari logam atau plastik.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Pemanah Norman digambarkan dalam Bayeux Tapestry. Pemanah kiri atas tidak siap dan buru-buru melemparkan sabuk tarkasnya ke bahunya, serta lupa ketopongnya.

Tarkas sabuk[sunting | sunting sumber]

Bentuk tarkas yang paling umum adalah wadah datar atau silinder yang digantung pada sabuk. Mereka ditemukan di banyak budaya dari Amerika Utara hingga Cina. Ada banyak variasi jenis ini, seperti dimiringkan ke depan atau ke belakang, dan digendong dengan sisi tangan dominan, sisi lepas tangan, atau punggung kecil. Beberapa varian menutupi hampir seluruh anak panah, sedangkan "Tarkas kantong" minimalis hanya terdiri dari kantong kecil kaku yang hanya menutupi beberapa inci pertama. Permadani Bayeux menunjukkan bahwa sebagian besar pemanah di Eropa abad pertengahan menggunakan tarkas sabuk..

Tarkas punggung[sunting | sunting sumber]

Rungkup berbentuk y untuk tarkas di punggung terdapat pada patung perunggu Artemis, dewi perburuan, pertengahan abad ke-4 SM.

Tarkas punggung diikatkan ke punggung pemanah dengan tali kulit, dengan ujung takik menonjol di atas bahu tangan dominan. Anak panah dapat ditarik melewati bahu dengan cepat pada saat itu juga. Gaya tarkas ini digunakan oleh penduduk asli Amerika Utara dan Afrika, dan juga biasa digambarkan dalam relief dari Asiria kuno. Mereka juga digunakan di Yunani Kuno dan sering ditampilkan pada patung Artemis, dewi perburuan. Meskipun populer di bioskop dan seni abad ke-20 karena penggambaran karakter Eropa abad pertengahan (seperti Robin Hood ), gaya tarkas ini jarang digunakan di Eropa abad pertengahan. [1]

Tarkas tanah[sunting | sunting sumber]

Tarkas tanah digunakan untuk menembak sasaran atau berperang ketika pemanah menembak dari lokasi tetap. Ini bisa berupa tiang pancang di tanah dengan cincin di bagian atas untuk menahan anak panah, atau desain yang lebih rumit yang menahan anak panah dalam jangkauannya tanpa pemanah harus membungkuk untuk menggambar.

Tarkas busur[sunting | sunting sumber]

Sebuah penemuan modern, Tarkas dipasang langsung ke anggota badan busur dan menahan anak panah dengan stabil dengan semacam klip. Mereka populer di kalangan pemburu busur majemuk karena memungkinkan satu peralatan dibawa di lapangan tanpa membebani tubuh pemburu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Archery. Irving, Texas: Boy Scouts of America. 1986. ISBN 0-8395-3381-0. 
  •  
  • Glover, Daniel S.; Grayson, Charles Jackson; French, Mary; O'Brien, Michael J. (2007). Traditional archery from six continents: the Charles E. Grayson Collection. Columbia: University of Missouri Press. ISBN 0-8262-1751-6. 
  1. ^ Gerry Embleton; Clive Bartlett (1995). English Longbowman 1330-1515Ad (Warrior, No 11). Osprey Publishing (UK). hlm. 28. ISBN 1-85532-491-1.