Tapak paku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tapak paku " titik depan " langkah kaku yang digunakan untuk pendakian es vertikal

Tapak paku adalah alat traksi yang dipasang pada alas kaki untuk meningkatkan mobilitas di salju dan es selama pendakian es . [1] Selain memanjat es, tapak paku juga digunakan untuk perjalanan yang aman di salju dan es, seperti melintasi gletser, ladang salju dan ladang es, mendaki lereng salju, dan memanjat batu yang tertutup es.

Tapak paku ski[sunting | sunting sumber]

"Tapak paku" khusus digunakan dalam pendakian gunung ski di salju dan es yang keras. Jauh lebih umum di Pegunungan Alpen daripada di Amerika Serikat, tapak paku ski ini dikenal dengan nama Eropanya: Harscheisen (Jerman), couteaux (Prancis) dan coltelli (Italia)  secara harfiah Perancis dan Italia untuk " pisau " dalam bahasa tersebut.

Mikropaku[sunting | sunting sumber]

Meskipun tapak paku umumnya memiliki rangka yang kokoh, dan paku yang besar, dan hanya dapat dipasang pada sepatu bot pendakian gunung, paku mikro biasanya berupa rantai karet atau logam fleksibel dengan paku yang lebih banyak dan lebih kecil. Karena tapak paku lebih ketat dan memiliki paku yang lebih besar, sepatu biasanya digunakan untuk mendaki gunung di salju yang curam dan padat atau es glasial untuk mempertahankan traksi yang kuat dan menghindari terjatuh, sedangkan mikropaku dapat dipasang pada beberapa jenis sepatu dan umumnya digunakan untuk mendaki permukaan yang lebih datar seperti salju atau bahkan kerikil atau tanah.

Taji tumit[sunting | sunting sumber]

Taji tumit adalah sejenis tapak paku yang menempel di bagian belakang tumit dan memungkinkan pemanjat campuran melakukan pengait tumit. Namun hal ini menimbulkan kontroversi, dengan beberapa orang menganggap penggunaan taji tumit sebagai bentuk pendakian bantuan, dan bukan pendakian bebas . [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cox, Steven M.; Kris Fulsaas, ed. (2003). Mountaineering: The Freedom of the Hills (edisi ke-7). Seattle: The Mountaineers. ISBN 0-89886-828-9. 
  2. ^ Nelson, Ryan (27 February 2012). "Is Mixed Climbing Legitimate?". Diakses tanggal 30 April 2023.