Tannu Uriankhai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tannu Uriankhai
Таңды Урянхай
Abad ke-19–1921
Flag of Tannu Uriankhai
Panji daerah

Tannu Uriankhai (ditandai dengan warna kuning) terletak di Mongolia utara
Ibu kotaBelotsarsk (1914)
Sejarah
Pemerintahan
 • JenisNegara feudal
Amban-Noyan 
• 1762–1769
Manadzhab
• 1899–1911
Oyun Ölzey-Ochur oglu Kombu-Dorzhu
Era sejarahAbad ke-19–1921
• Didirikan
Abad ke-19
• Dibubarkan
14 Agustus 1921
Didahului oleh
Digantikan oleh
dnsDinasti
Qing
Republik Rakyat Tuva
Sekarang bagian dari Rusia
 Mongolia

Tannu Uriankhai (bahasa Tuva: Таңды Урянхай, Tangdy Uryankhai, pelafalan Tuva: [tɑŋˈdə urjɑnˈxɑj]; bahasa Mongolia: Тагна Урианхай, Tagna Urianhai; bahasa Rusia: Урянхайский край, 'Urjanchajskij kraj, pengucapan bahasa Rusia: [urjɐnˈxajskiː ˈkraj]; Hanzi sederhana: 唐努乌梁海; Hanzi tradisional: 唐努烏梁海; Pinyin: Tángnǔ Wūliánghǎi) adalah sebuah wilayah historis yang terletak di Dinasti Qing. Wilayah ini kurang lebih sama dengan wilayah Republik Tuva modern di Federasi Rusia.

Nama Tannu di sini mengacu kepada Pegunungan Tannu-ola di kawasan tersebut. Uriankhai merupakan nama suku Tuva dalam bahasa Mongolai yang berarti "orang yang tinggal di hutan" (Hanzi: 林中百姓; Pinyin: Línzhōng Bǎixìng).

Setelah wilayah Mongolia Luar menyatakan kemerdekaannya dari Dinasti Qing pada tahun 1911,[1] pengaruh Rusia semakin menguat di wilayah Tannu Uriankhai dan wilayah tersebut akhirnya menjadi negara komunis yang bernama Republik Rakyat Tuva yang kemudian menjadi bagian dari Uni Soviet pada tahun 1944.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas E. Ewing, Revolution on the Chinese Frontier: Outer Mongolia in 1911, Journal of Asian History (1978), v. 12., hlm. 101-19.