Tanjung Corse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanjung Corse, semenanjung yang terletak di sisi utara Pulau Korsika.

Tanjung Corse (bahasa Korsika: Capicorsu ; bahasa Inggris: Cap Corse) adalah salah satu wilayah geografis Korsika, yang merupakan semenanjung sepanjang 40 kilometer (25 mil) yang terletak di ujung utara pulau ini. Di pangkalan itulah terdapat kota terbesar kedua di Korsika, Bastia. Tanjung Corse juga merupakan Communauté de commune (perkumpulan atau komunitas dari komune) yang terdiri dari 18 komune (sekolompok warga yang hidup bersama)[1][2] .

Komune[sunting | sunting sumber]

Dimulai di sisi barat kemudian mengarah sepanjang semenanjung ke utara, komune yang terdapat di wilayah ini antara lain:

Kanton Tanjung Corse sedikit lebih besar, dan juga mencakup komune Farinole, Patrimonio, San-Martino-di-Lota dan Santa-Maria-di-Lota[3] .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejumlah sejarawan menyebut Tanjung Corse sebagai "the Sacred Promontory" (Semenanjung Suci) dan sejauh ini anggapan bahwa namanya berasal dari konsentrasi awal permukiman Kristen di sana pada masa awal. Ini adalah etimologi dari rakyat setempat.

Istilah ini berasal dari ahli geografi Ptolemy, yang menyebut lokasi pertamanya dan paling utara di Korsika yang merupakan hieron hierarki dalam bahasa Yunani kuno, yang diterjemahkan oleh orang Romawi menjadi sakrum promontorium. Ini bukan satu-satunya titik tanah yang disebut; Ada banyak orang lain di dunia selain di tempat itu, dan tidak satupun dari mereka beragama Kristen. Maknanya agak ambigu, entah itu yang disebut itu karena ada kuil yang ada disana atau apakah sebagai akhir dari tanah yang disebut suci bagi dewa laut. Jika tanggal Geografi diambil secara acak menjadi tahun 100 Masehi, dan Ptolemy belajar dari sumber-sumber sebelumnya, adanya sebuah asosiasi Kristen sangat tidak mungkin di sana. Tidak ada bukti bahwa Korsika telah diubah lebih awal dari abad ke 6 Masehi, tidak ada bukti adanya komunitas Kristen di wilayah tersebut pada masa Ptolemy, dan konsentrasi bangunan Kristen belakangan tidak lebih besar daripada di wilayah berpenduduk di Korsika.

Penafsiran Ptolemy tentang tanjung juga tidak jelas. Ini telah dianggap sebagai seluruh Tanjung Corse, Pointe du Cap Corse, atau salah satu promontori kecil di atasnya. Terkadang dikaitkan dengan desa Macinaggio, namun masalahnya tetap belum terpecahkan.

Ada beberapa pembenaran geografis untuk menghubungkan seluruh suku dari teori Ptolemy, Vanacini, yang digambarkan sebagai suku yang tinggal "lebih ke utara", di Tanjung Corse, karena ini adalah lingkungan geofisika yang berbeda. Vanacini muncul di sebuah tablet perunggu yang ditemukan di Korsika utara yang menelaah sebuah surat dari kaisar Vespasianus kepada "hakim dan senator Vanacini" yang ditulis sekitar tahun 72 Masehi, pada masa Ptolemy. Vanacini telah membeli beberapa tanah dari Colonia Mariana, sebuah koloni Romawi di sekitar Bastia, dan mengeluhkan batas-batas yang ditetapkan oleh sang prokurator yang darinya mereka membelinya. Kaisar saat menerima pengaduan tersebut menunjuk seorang perwira lain untuk melakukan arbitrase dan menulis menginformasikan pengadu tersebut. Prasasti itu adalah bukti dokumenter tentang historisitas Vanacini[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BANATIC, Périmètre des EPCI à fiscalité propre. Diakses 27 Desember 2017.
  2. ^ INSEE
  3. ^ "Décret n° 2014-255 du 26 février 2014 portant délimitation des cantons dans le département de la Haute-Corse | Legifrance". Diakses tanggal 2017-12-27. 
  4. ^ Sherk, Robert K. (1988). The Roman Empire: Augustus to Hadrian. Cambridge University Press. hlm. 130. ISBN 0-521-33887-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 42°50′N 9°25′E / 42.833°N 9.417°E / 42.833; 9.417