Tanaman keris papua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanaman keris papua
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. lauterbachiana
Nama binomial
Alocasia lauterbachiana
Sinonim[1]
  • Alocasia wavriniana Mast.
  • Schizocasia lauterbachiana Engl.
  • Xenophya lauterbachiana (Engl.) Nicolson

Tanaman Keris Papua (Alocasia lauterbachiana)[2] merupakan tanaman yang di temukan pertama kali oleh suku yang mendiami pesisir kawasan sungai mamberamo. Bentuk dan ukurannya beragam.[3]

Keris Papua adalah jenis tumbuhan araceae yang hidup di hutan. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli Pulau Papua bagian utara dan Kepulauan Bismarck.[1][4] Tumbuhan ini dapat tumbuh subur dan terdapat ebih banyak di daerah pengunungan dan lembah. Alasan masyarakat lokal mencari tumbuhan ini hanya karena dapat mengobati penyakit manusia. Menurut seorang alih tumbuhan Amos Gobai, menyatakan:”Keris Papua ini tumbuhan sejenis trospen yang tumbuh di daerah semi tropis, Sama dengan tumbuhan yang tumbuh di hutan Amazon tapi berbeda dengan Keris Papua yang jauh uniknya. Saya berpendapat bahwa hal itu hanya persoalan kepercayaan,tidak labih dari itu, Keris Papua itu sejenisnya keladi yang terdapat di kebun dan di hutan liar”.[5]

Tanaman Keris Papua memiliki bunga, jika bunganya telah mekar maka biji akan terlihat. Bijinya berbentuk bulat dan warnanya kemerah-merahan. Bijinya dapat dijadikan bibit. Yang unik dari tanaman ini adalah warnanya, karena warnanya sering berubah-ubah megikuti keadaan cuaca yang ada. Ada bermacam-macam bentuk bunga Keris papua, ada yang batangnya putih di bawah daunya berwarna merah. Ada juga yang batangnya berwarna hijau, balik daunya berwarna putih. Selain itu ada yang batangnya berwarna ungu daunya berwarna putih, batangnya berwarna hitam, daunya biasa tidak berwarna atau biasa, batangnya berwarna merah, daunnya juga berwarna merah, batangnya berawarna harimau, daunya berwarna jingga, dan ada juga batangnya yang berwarna jingga daunnya juga jingga.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Alocasia lauterbachiana (Engl.) A.Hay". Plants of the World Online (dalam bahasa Inggris). Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 21 June 2022. 
  2. ^ Richoemo. "TANAMAN KERIS PAPUA (Alocasia lauterbachiana)". tanamanpemanisalam.com. Diakses tanggal 28 November 2023. 
  3. ^ arytasman, ary (2010-04-23). "Sejarah Bunga Keris Papua". Ary Tasman (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-29. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  4. ^ "Alocasia lauterbachiana: The Purple Sword Lauterbachiana". gardeningbrain.com. Gardening Brain. 10 May 2020. Diakses tanggal 21 June 2022. 
  5. ^ mrnomen (2018-08-29). "Kegagalan Memburu Bunga Keris Papua Di Hutan Berantara KM.100 Siriwo". Mr.Nomen. Diakses tanggal 2020-03-12. 
  6. ^ "BUNGA KERIS PAPUA TERANCAM PUNAH". Tabloid Jubi's Weblog. 2008-05-03. Diakses tanggal 2020-03-12.