Tanah Siang, Murung Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanah Siang
Kantor camat Tanah Siang
Kantor kecamatan Tanah Siang
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
KabupatenMurung Raya
Populasi
 • Total... jiwa
Kode Kemendagri62.12.02
Kode BPS6213040
Desa/kelurahan26/1

Tanah Siang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Ibu kota kecamatan ini terletak di Saripoi. Kecamatan Tanah Siang didiami oleh berbagai ras penduduk asli Dayak. Seperti Dayak Siang, Siang Murung, Ot Danum, Bakumpai. Selain itu, terdapat pula berbagai macam agama seperti Kekristenan (Protestan & Katolik), Hindu-Kaharingan, dan Islam. Kecamatan Tanah Siang juga dihuni oleh berbagai suku dari luar Pulau Kalimantan. Pada umumnya, Kecamatan Tanah Siang terletak pada daerah perbukitan dan dataran tinggi, sehingga cuacanya cenderung sejuk hingga dingin.

Perbatasan wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tanah Siang berbatasan dengan Kecamatan Uut Murung. Di sebelah timur, Kecamatan Tanah Siang berbatasan dengan Kecamatan Laung Tuhup. Kecamatan Tanah Siang juga berbatasan dengan Kecamatan Tanah Siang Selatan dan Kecamatan Murung di sebelah selatan. Sedangkan di sebelah barat, Kecamatan Tanah Siang berbatasan dengan Kecamatan Sungai Babuat dan Kecamatan Sumber Barito.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nuraini, S., dkk. (2012). Prasodjo, Rachmalina S., ed. Etnik Dayak Siang Murung Desa Dirung Bakung Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (PDF). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. hlm. 5. ISBN 978-602-235-233-4.