Tambang Ok Tedi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tambang Ok Tedi.
Lokasi tambang di Papua Nugini.
Pemandangan Gunung Fubilan, Finalbin, dan Tabubil.

Tambang Ok Tedi adalah tambang tembaga dan emas terbuka di Papua Nugini yang terletak di dekat hulu Sungai Ok Tedi, di Star Mountains Rural LLG, Distrik Fly Utara, Provinsi Barat, Papua Nugini.

Tambang ini dioperasikan oleh Ok Tedi Mining (OTM), yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PNG Sustainable Development Program Limited (PNGSDPL). Pada tahun 2013, tambang ini dinasionalisasi oleh Pemerintah Papua Nugini dalam tindakan kontroversial. Sebelum tahun 2002, mayoritas dimiliki oleh BHP Billiton, perusahaan pertambangan terbesar di dunia sejak merger pada tahun 2001.

Terletak di daerah terpencil Papua Nugini, di atas 2.000 m (6.600 ft) di Gunung Fubilan, di daerah dengan curah hujan tinggi dan gempa bumi yang sering terjadi, pengembangan tambang menimbulkan tantangan serius.[1] Kota Tabubil dibangun untuk melayani operasi penambangan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum operasi penambangan, Gunung Fubilan digambarkan sebagai gunung tembaga dengan tudung emas. Pengeboran eksplorasi di area tersebut dimulai pada tahun 1970-an, dan dijalankan oleh Perusahaan Tembaga Kennecott.

Pada awal 1980-an, BHP mendapatkan sewa pertambangan. Emas pertama ditambang di Ok Tedi pada tahun 1981. Bechtel, dalam perjanjian usaha patungan, menyediakan layanan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi.[2] Pada tahun 1984, BHP mulai mengeksploitasi tutup emas dengan menggunakan prosedur ekstraksi sianida. Setelah deposit emas habis, perusahaan yang disurvei untuk menambang deposit tembaga yang jauh lebih besar di bawahnya. Saat itu, deposit ini diyakini sebagai deposit tembaga terbesar di dunia.[3] BHP menjalin kemitraan dengan Pemerintah Papua Nugini, Amoco, dan Inmet Mining, untuk menambang deposit tembaga. BHP mempertahankan saham mayoritas di tambang tersebut.

Pada tahun 2002, BHP Billiton menyelesaikan penarikannya dari proyek dengan mengalihkan kepemilikan saham mayoritasnya ke Program Pembangunan Berkelanjutan PNG sebagai tanggapan atas bencana lingkungan Ok Tedi yang sedang berlangsung. Setelah pengalihan, kepemilikan saham proyek adalah sebagai berikut: PNG Sustainable Development Program Limited (52%), Negara Bagian Papua Nugini (30%), dan Inmet Mining Corporation (18%).[4]

Semua operasi penambangan di Fubilan memiliki kantor pusat di Tabubil.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Sebagai entitas ekonomi yang besar di Papua Nugini dan Provinsi Barat, tambang ini menyumbang lebih dari setengah ekonomi seluruh provinsi[5] dan 25,7% dari seluruh pendapatan ekspor negara,[6] tambang ini juga telah bertanggung jawab atas sejumlah besar infrastruktur.

Tambang[sunting | sunting sumber]

Tambang bekerja sebagai operasi terbuka dan Gunung Fubilan telah direduksi menjadi lubang yang dalam di tanah.

Hingga 31 Desember 2004, 8.896.577 ton konsentrat tembaga (mengandung 2.853.265 ton logam tembaga dan 7.035.477 troy ons or 218,8278 ton logam emas) telah ditambang. Selain itu, antara tahun 1985 dan 1990, 47.642 ton (1.531.700 ons) batangan emas diproduksi.[7]

Pabrik[sunting | sunting sumber]

Ada pabrik yang berdekatan dengan tambang yang mengubah bahan mentah yang ditambang menjadi bubur konsentrat tembaga ditambah sejumlah kecil emas. Penggiling mengoperasikan dua sag mill masing-masing dengan dua penggilingan bola terkait. Konsentrat tembaga diproduksi sebagai bubur dan disalurkan sepanjang 137 km (85 mil) sepanjang Jalan Tol Kiunga-Tabubil ke Kiunga, Papua Nugini, pelabuhan utama distrik, yang dikirim melalui tongkang sungai di sepanjang Sungai Fly.

Ok Menga[sunting | sunting sumber]

Tambang ini digerakkan oleh fasilitas pembangkit listrik tenaga air di Ok Menga, yang merupakan anak sungai Sungai Ok Tedi dekat Tabubil. Ada juga generator diesel cadangan yang digunakan jika aliran dari sungai Ok Menga tidak cukup untuk menghasilkan listrik yang cukup.

Jalan Tol Kiunga-Tabubil[sunting | sunting sumber]

Jalan Tol Kiunga-Tabubil dikelola oleh Ok Tedi Mining, karena tambang adalah penerima manfaat terbesar dari jalan tersebut. Jalan raya, sebagian besar, sejajar dengan Sungai Ok Tedi. Bagian dari jalan raya sering dikonsumsi oleh sungai dan perlu dibangun kembali. Biaya pemeliharaan jalan ini adalah K1,5 juta setahun. Pipa tembaga bubur ke Kiunga dari tambang membentang di sepanjang jalan ini.

Tabubil[sunting | sunting sumber]

Tabubil adalah kotapraja di Distrik Fly Utara dari Provinsi Barat, Papua Nugini, sekitar 20 km selatan sepanjang Jalan Tol Kiunga-Tabubil dari lokasi tambang.[8] Kota tersebut, termasuk desa Wangbin yang direlokasi dan kawasan industri Laytown, adalah pemukiman terbesar di provinsi tersebut.[9] Meskipun ibu kota provinsi, Daru, berukuran hampir sama.[10]

Kota ini didirikan terutama untuk melayani Tambang Ok Tedi. Markas OTM terletak di gedung yang disebut White House, yaitu sekitar 500 meter selatan Sekolah Internasional Tabubil, dan sekitar 300 meter timur hotel Cloudlands.

Tambang ini memiliki fasilitas pembangkit tenaga diesel cadangan di Tabubil.

Kiunga[sunting | sunting sumber]

Kiunga adalah kota pelabuhan yang melayani tambang di Sungai Fly. Kotapraja yang memiliki populasi 8.300 jiwa pada sensus tahun 2000 ini, memiliki terminal Jalan Tol Kiunga-Tabubil, dan pipa slurry konsentrat tembaga, sekitar 140 km melalui jalan darat dari lokasi tambang.[8]

Industri lokal bersandar pada landasan pengangkutan dan pengangkutan, terutama melayani tambang dan kota Tabubil. Kota ini adalah markas dari Distrik Fly Utara.

Dampak lingkungan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, BHP melaporkan bahwa proyek tersebut menjadi penyebab "kerusakan lingkungan yang besar".[11] Operator tambang membuang 80 juta ton tailing, beban penutup yang terkontaminasi dan erosi akibat tambang ke dalam sistem sungai setiap tahun.[12]

Pembuangan tersebut menyebabkan kerusakan yang meluas dan beragam, baik secara lingkungan maupun sosial, bagi 50.000 orang yang tinggal di 120 desa di hilir tambang.[13] Bahan kimia dari tailing membunuh atau mencemari ikan, yang kemudian membahayakan semua spesies hewan yang hidup di daerah tersebut serta masyarakat adat. Pembuangan tersebut mengubah dasar sungai, menyebabkan sungai yang relatif dalam dan lambat menjadi lebih dangkal dan mengembangkan jeram sehingga mengganggu jalur transportasi pribumi. Banjir yang disebabkan oleh peninggian dasar sungai meninggalkan lapisan tebal lumpur yang terkontaminasi di dataran banjir tempat tumbuhnya perkebunan talas, pisang, dan sagu yang merupakan makanan pokok penduduk setempat.

Sekitar 1.300 kilometer persegi (500 mi²) rusak dengan cara ini. Meskipun konsentrasi tembaga dalam air sekitar 30 kali di atas standar, masih di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kekhawatiran telah dikemukakan tentang potensi dampak limbah tambang di utara Great Barrier Reef, yang terletak di lepas pantai dari muara sungai.[14] Sampel inti sedimen yang dikumpulkan dari Fly Delta pada tahun 1990 menunjukkan tidak ada peningkatan konsentrasi tembaga yang terdeteksi di atas tingkat latar belakang.[15]

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat bahwa "pembuangan 70 juta ton batuan sisa yang tidak terkendali di lokasi tambang Ok Tedi dan tailing tambang setiap tahunnya telah menyebar lebih dari 10 km (6,2 mi) ke bawah sungai Ok Tedi dan Fly, menaikkan dasar sungai dan menyebabkan banjir, pengendapan sedimen, kerusakan hutan, dan penurunan yang serius dalam keanekaragaman hayati daerah itu".[16] Kerusakan yang diakibatkan oleh penambangan Ok Tedi meliputi hilangnya ikan, sumber makanan penting bagi masyarakat setempat; hilangnya hutan dan tanaman karena banjir; dan hilangnya "wilayah yang memiliki nilai spiritual yang mendalam bagi penduduk desa kini terendam dalam tailing tambang".[17]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ghazi, Polly (July 2003). "Unearthing Controversy at the Ok Tedi Mine". WRI Features. World Resources Institute. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  2. ^ "Our History". Bechtel Corporate (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-10. 
  3. ^ "OTML At A Glance". Ok Tedi Mining. Diakses tanggal 10 December 2011. 
  4. ^ "BHP Billiton Withdraws from Ok Tedi Copper Mine and Establishes Development Fund for Benefit of Papua New Guinea People". BHP (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-07. 
  5. ^ "Annual Review" (PDF). Ok Tedi Mining Limited. 2002. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-07-03. 
  6. ^ "About Us". Ok Tedi Mining Limited. 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-16. 
  7. ^ "Operations: The Mineral Resource". Ok Tedi Mining. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-13. Diakses tanggal 2007-05-07. 
  8. ^ a b "Quck Facts". North Fly District Tourism. 2007. 
  9. ^ "Townships". Ok Tedi Mining Limited. 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-04-03. 
  10. ^ "Population by Statistical LLG Areas (Western Province)". Papua New Guinea Business and Tourism. 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-24. Diakses tanggal 2023-05-28. 
  11. ^ Burton, Bob (2006-09-17). "BHP admits Ok Tedi mine is environmental disaster". Asia Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2000-09-25. 
  12. ^ "Key Statistics". Ok Tedi Mining. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-08-20. Diakses tanggal 2006-09-17. 
  13. ^ Kirsch, Stuart (Spring–Summer 1996). "Cleaning up Ok Tedi: Settlement Favors Yonggom People". Journal of the International Institute. Scholarly Publishing Office of the University of Michigan Library. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-17. Diakses tanggal 2007-05-06. 
  14. ^ Harris, P.T., 2001. Environmental Management of Torres Strait: a Marine Geologist’s Perspective, in: Gostin, V.A. (Ed.), Gondwana to Greenhouse: environmental geoscience - an Australian perspective. Geological Society of Australia Special Publication, Adelaide, pp. 317-328.
  15. ^ Baker, E.K., Harris, P.T., 1991. Copper, lead and zinc in the sediments of the Fly River Delta and Torres Strait. Marine Pollution Bulletin 22, 614-618.
  16. ^ United Nations Environment Programme Accessed on 16/12/07. Diarsipkan 19 August 2007 di Wayback Machine.
  17. ^ "Australian Conservation Foundation, Leaving the scene of the mine". Acfonline.org.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 June 2011. Diakses tanggal 18 April 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 05°13′22″S 141°08′19″E / 5.22278°S 141.13861°E / -5.22278; 141.13861