Tali sangga mara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tali sangga mara pada kapal dengan sistem layar persegi adalah tali ( garis ) yang digunakan untuk memutar sangga mara di sekitar tiang, untuk memungkinkan kapal berlayar pada sudut yang berbeda terhadap angin. Tali sangga mara selalu digunakan secara berpasangan, satu di setiap ujung sangga mara ( yardarm ), [1]

Tali sangga mara dipasang di ujung luar sangga mara, dan diarahkan ke geladak sejauh mungkin ke belakang, agar awak kapal dapat mengangkutnya. Tali sangga mara bawah biasanya dapat mengarah langsung ke geladak, tetapi jika dilakukan dengan penahan pelataran yang lebih tinggi berarti sebagian besar gaya ditarik ke bawah, bukan ke belakang. Sebaliknya, tali sangga mara atas dipasang ke tiang lain dan dari sana ke geladak. Pada tiang paling belakang, ini mungkin berarti mereka harus digiring ke depan, bukan ke belakang. Tali sangga mara dari tiang paling belakang yang sampai ke bagian paling buritan kapal sering kali melewati balok-balok yang dipasang pada cadik pendek yang menonjol dari sisi kapal untuk meningkatkan keunggulannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Admiralty, Great Britain (1951). Manual of Seamanship (dalam bahasa Inggris). hlm. 170. Braces are fitted to one yard of each pair only, the other yard being braced by the aerials.