Sangga mara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sangga mara depan kerajaan Pangeran William . Sangga mara kerajaan Pangeran William adalah sangga mara tertinggi dan terkecil di kapal, terbuat dari kayu, dan merupakan "halaman pengangkat" yang dapat ditinggikan di sepanjang bagian tiang. Ini dia posisinya lebih rendah.

Sangga mara adalah tiang di tiang tempat layar dipasang. Ini mungkin terbuat dari kayu atau baja atau dari bahan yang lebih modern seperti aluminium atau serat karbon . Meskipun beberapa jenis kelengkapan depan dan belakang memiliki sangga mara, istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan tiang horizontal yang digunakan pada layar rig persegi . [1] Selain itu, selama beberapa dekade setelah layar persegi umumnya dihilangkan, beberapa sangga mara tetap dipertahankan untuk memasang antena nirkabel (radio) dan bendera sinyal.

nahan .
Yardarms

Mengendalikan sangga mara[sunting | sunting sumber]

Sangga mara dapat diputar mengelilingi tiang untuk memungkinkan arah kapal diubah relatif terhadap angin. Saat tertiup langsung melawan arah angin, sangga mara akan membujur, menunjuk horizontal ke garis tengah kapal. Saat kapal dikemudikan lebih dekat ke arah angin, sangga mara disangga dengan menggunakan penyangga . Ketika rotasi lebih lanjut terhalang oleh bagian abah-abah kapal lainnya (biasanya laberang), sangga mara dikatakan diperkuat dengan "hard round" atau "sharp up", seperti dalam "sharp up to port". Sudut ini (biasanya sekitar 60 derajat) membatasi seberapa dekat kapal yang dilengkapi perlengkapan persegi dapat berlayar dengan angin.

Sangga mara mewakili beban yang cukup besar jauh di atas pusat gravitasi kapal; untuk meningkatkan stabilitas, terutama dalam cuaca buruk, beberapa cara biasanya disediakan untuk menurunkan beberapa yard ketika tidak digunakan untuk berlayar. Pada kapal perang abad kesembilan belas (yang memiliki awak dalam jumlah besar), hal ini umumnya dilakukan dengan "menurunkan" sangga mara atas tiang secara fisik dan menyimpannya di geladak—bersama dengan, dalam banyak kasus, bagian atas tiang itu sendiri. Kapal dagang di zaman layar juga akan melakukan hal ini sebelum berlayar di Samudera Selatan . Pada kapal-kapal modern yang tinggi, sangga mara tidak dirancang untuk diturunkan ke geladak, tetapi 'halaman pengangkat' yang dapat dinaikkan dan diturunkan di sepanjang bagian pendek tiang menggunakan tali pengikat sering digunakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keegan, John (1989). The Price of AdmiraltyPerlu mendaftar (gratis). New York: Viking. hlm. 281. ISBN 0-670-81416-4.