Tali kendali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tali kendal

Tali kendali adalah peralatan menunggang kuda, digunakan untuk mengarahkan kuda atau hewan lain yang digunakan untuk berkuda . Ini adalah tali pengikat panjang yang dapat dibuat dari kulit, nilon, logam, atau bahan lainnya, dan dipasang ke tali kekang melalui besi kendali atau pita hidungnya .

Dalam berkuda[sunting | sunting sumber]

Tali Kendali digunakan untuk memberikan perintah atau isyarat halus, juga dikenal sebagai alat bantu kendali . Berbagai perintah mungkin menandakan belokan, meminta kecepatan lebih lambat, meminta berhenti atau mengekang kembali . Alat bantu kendali digunakan bersama dengan alat bantu kaki, pengatur berat badan, dan terkadang perintah suara.

Tali kendali rungkup[sunting | sunting sumber]

Pada beberapa jenis rungkup mungkin terdapat cincin penyangga yang digunakan untuk membawa tali kendali di punggung hewan. Jika sepasang kuda digunakan dalam menarik kereta atau delman, biasanya sisi luar dari masing-masing pasangan dihubungkan ke tali kendali dan bagian dalam dari gigi kendali dihubungkan antara sepasang kuda dengan tali penghubung pendek. . Pengemudi membawa "empat di tangan" atau "enam di tangan" yang merupakan jumlah kendali yang dihubungkan secara berpasangan.

Penggunaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Sebuah tali kendali atau tali dapat dipasang pada kajai untuk memimpin atau membimbing kuda atau kuda beban . Tali kendali panjang dapat digunakan untuk memungkinkan kuda bergerak melingkar untuk tujuan pelatihan, atau untuk tujuan evaluasi ketimpangan klinis oleh dokter hewan. Pada desain tutup kepala tertentu, tali kendali ketiga dapat ditambahkan ke tali kendali berpasangan, digunakan untuk memimpin, memanjangkan, atau tujuan khusus atau gaya lainnya. Contoh paling terkenal dari tali kendali ketiga yang digunakan di AS adalah tali kendali utama dari bosal hackamore klasik.

Referensi[sunting | sunting sumber]