Tali api

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Musket "Fitiljača" (dinamai karena tali api lambat yang digunakan untuk menyalakan bubuk mesiu) yang digunakan oleh Tentara Serbia pada abad ke-15.

Tali api, juga disebut tali sumbu atau sumbu lambat, adalah tali atau sekering benang yang terbakar lambat yang digunakan oleh penembak bubuk mesiu awal, artileri, dan tentara untuk menyalakan senapan sundut, meriam, peluru, dan petak. Tali api lambat paling cocok untuk digunakan di sekitar senjata bubuk hitam karena tali api lambat dapat ditangani secara kasar tanpa padam, dan hanya menyajikan ujung kecil yang bersinar, bukan nyala api besar yang berisiko menyalakan bubuk mesiu di dekatnya. Pertandingan lambat dari berbagai jenis adalah salah satu jenis sekering artileri pertama.

Tali api lambat juga digunakan dalam pengeboran dan peledakan batu untuk menyalakan bubuk mesiu.

Desain dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Tali api lambat yang dipasang pada kunci pistol sundut biasanya berupa tali rami atau flax[1] yang telah diolah secara kimia untuk membuatnya terbakar perlahan dan konsisten untuk waktu yang lama.[2] Akan tetapi, di Jepang, tali api dibuat dari menjalin untaian kulit kayu dari pohon cemara Jepang. Laju pembakaran sekitar 1 ft (305 mm) per jam. Angkatan Darat Inggris memperkirakan bahwa seorang prajurit yang bertugas jaga, selama satu tahun, dapat menggunakan tali api sepanjang satu mil. Dalam penggunaan praktis pada kancing sumbu, kedua ujung tali api sering menyala, karena kilatan bubuk mesiu di dalam panci flash sering kali dapat memadamkan salah satu ujung tali api, dan ujung yang tersisa kemudian dapat digunakan untuk menyalakan kembali ujung senapan sundut. Talinya saat mengisi ulang senapan sundut. Untuk mencegah menyeret tali api di tanah basah, linstock sering dibawa dan digunakan, itu menjadi penyangga kayu bercabang yang dimasukkan ke dalam tanah dan digunakan untuk menahan ujung tali api terjauh dari kunci api.

Banyak formula untuk tali api yang ada, memberikan tingkat pembakaran yang bervariasi. Bahan kimia utama yang digunakan adalah kalium nitrat, meskipun natrium nitrat, dan timbal(II) asetat juga tampaknya telah digunakan. Kalium nitrat memiliki keunggulan dibandingkan natrium nitrat, karena lebih kecil kemungkinannya untuk menyerap kelembaban atmosfer.

Tali api sering digunakan dari abad ke-15 hingga sekitar tahun 1630, ketika flintlock mulai menonjol. (Kedatangan snaplock setelah tahun 1540 hanya berdampak terbatas pada penggunaan tali api, snaplock umumnya dianggap sebagai senjata petani.) Tali api tetap digunakan dengan jumlah senapan sundut yang terbatas di Eropa sampai kira-kira tahun 1730, dan di Jepang sampai awal tahun 1900-an. Bahkan setelah menjadi usang untuk penggunaan senjata kecil, beberapa pengguna artileri (terutama Angkatan Laut Kerajaan) terus menggunakannya sebagai cadangan hingga akhir era flintlock.

Historic England menerbitkan laporan yang diilustrasikan dengan baik tentang penyelidikan pekerjaan konservasi pada kantong korek api lambat yang ditemukan di zona intertidal di Medmerry, Sussex Barat, sekarang dalam koleksi National Museum of the Royal Navy.[3]

Demonstran artileri dengan tali api lambat yang menyala

Penggunaan dan penggantian modern[sunting | sunting sumber]

Pertandingan lambat modern (digunakan dengan senapan sundut replika) terkadang terbuat dari tali kapas, bukan rami, karena legalitas yang terkait dengan penanaman tanaman rami.

Untuk pembakaran yang lebih cepat dan aplikasi modern seperti untuk menyalakan kembang api, tali api tabung hitam (kadang-kadang disebut tali api cepat) atau punk umumnya digunakan sebagai pengganti tali api lambat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Slow Match". Musketeer.ch. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-09. Diakses tanggal 2011-11-11. 
  2. ^ Keegan, John (1989). The Price of AdmiraltyPerlu mendaftar (gratis). New York: Viking. hlm. 277. ISBN 0-670-81416-4. 
  3. ^ Nordgren Eric; Middleton A (2018). "Conservation of a leather slow match pouch from Medmerry, West Sussex. Historic England Research Report 60/2018". research.historicengland.org.uk. Diakses tanggal 2020-06-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]