Matchlock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Senapan lontak Jerman awal dengan kunci serpentine

Matchlock adalah mekanisme pertama, atau lock (kunci), diciptakan untuk memudahkan penembakan senjata api genggam. Desain ini menghilangkan keharusan untuk menurunkan dengan tangan sebuah korek api ke dalam rongga bubuk mesiu senjata tersebut dan memungkinkan kedua tangan bebas untuk tetap memegang erat senjata pada saat ditembak, dan yang lebih penting lagi, untuk menjaga kedua mata pada target.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ukiran musketeer dari Perang Tiga Puluh Tahun

Senapan matchlock klasik Eropa memiliki tali korek api pembakaran dalam sebuah penjepit pada ujung tuas melengkung kecil yang dikenal sebagai serpentine. Setelah menarik tuas (atau di model selanjutnya sebuah pemicu) yang menonjol dari bagian bawah senapan dan terhubung ke serpentine, penjepit terjatuh, menurunkan korek api yang membara ke dalam rongga bubuk mesiu dan menyalakan bubuk mesiu.

Tipe awal hanya memiliki serpentine berbentuk "S" yang disematkan pada stok di belakang atau di depan panel rongga bubuk mesiu (yang disebut "kunci serpentine"), salah satu ujungnya dimanipulasi untuk membawa korek api ke dalam rongga.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ágoston, Gábor (2005). Guns for the Sultan. Cambridge University Press. hlm. 88. ISBN 978-0-521-84313-3. 
  2. ^ "Handgonnes and Matchlocks". Diakses tanggal 2008-12-05.