Takhta Besi (A Song of Ice and Fire)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Takhta Besi

Takhta Besi adalah singgasana tempat duduk para raja Westeros, sang penguasa tujuh kerajaan, yang diletakkan di aula besar Red Keep di kota King's Landing yang muncul dalam seri televisi Game of Thrones. Di Westeros, Takhta Besi adalah simbol kekuasaan raja, selain mahkota. Selain bentuk fisiknya yang menyeramkan, takhta Besi tersebut juga memiliki nilai historis yang melatari pembuatannya.

Takhta Besi dibuat atas perintah Aegon Sang Penakluk, raja pertama dari Klan Targaryen, yang menaklukkan enam dari tujuh kerajaan merdeka di tanah Westeros, dan menyatukan mereka di bawah pemerintahannya. Untuk menyempurnakan kekuasaannya, Aegon lalu memberikan tawaran pada kerajaan ketujuh, Dorne, untuk membuat aliansi melalui perkawinan. Aegon lalu memerintahkan untuk membuat Takhta Besi, dari 1.000 pedang yang telah diserahkan oleh para penguasa kerajaan taklukannya selama masa perang, dan bersumpah setia padanya.

Meskipun demikian, Takhta Besi pada kenyataannya dibuat menggunakan kurang dari 200 pedang. Tampilan Takhta Besi dalam sekuel Game of Throne, berbeda dengan prekuelnya, House of Dragon.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]