Tak Lagi Sama (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tak Lagi Sama
SutradaraYusuf Mahardika
ProduserAgus Hermawan
Salshabilla Adriani
Berdasarkan
Lagu “Tak Lagi Sama” oleh Salshabilla Adriani
Pemeran
SinematograferYogi Saputra
PenyuntingPaksi Agatha
Perusahaan
produksi
GCX Studios
DistributorYouTube
Tanggal rilis
  • 18 Juni 2021 (2021-06-18) (YouTube)
Durasi24 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia

Tak Lagi Sama adalah film pendek Indonesia tahun 2021 yang merupakan interpretasi dari lagu “Tak Lagi Sama” yang dipopulerkan oleh Salshabilla Adriani. Film yang diproduksi oleh Made Entertainment ini menampilkan Salshabilla Adriani dan Yusuf Mahardika–sekaligus sebagai sutradara, sebagai pemeran utama.[1][2]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film berdurasi 24 menit 10 detik ini tayang perdana pada tanggal 18 Juni 2021 di kanal YouTube, Salshabilla TV milik Salshabilla Adriani.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film pendek "Tak Lagi Sama" ini mengisahkan tentang sepasang kekasih yaitu Aluna dan Sagara. Diceritakan bahwa Aluna merupakan seorang pelukis berbakat dan bersinar karirnya. Sedangkan kekasihnya, Sagara yang merupakan seorang penulis.

Aluna dan Sagara yang telah bersama saat masih menginjak bangku Sekolah Menengah Atas. Sagara dibalik kesibukannya selalu menepati janjinya untuk menjalankan jadwal yang telah mereka sepakati. Kisah percintaan yang indah dan manis. Namun, waktu telah mungubah sosok kekasihnya, Sagara.

Perlahan segalanya berubah, karena rasa yang tak lagi sama dimiliki oleh Sagara. Begitu tegar Aluna menahan segala bentuk perubahan kekasihnya. Waktu yang sudah lama tak dihabiskan berdua. Seketika hadir hanya karena sebuah tuntutan pekerjaan. Waktu yang dihabiskan selama satu pekan bersama Aluna bukan atas dasar cinta, melainkan tuntutan pekerjaan yang menggambarkan keseharian penulis berbakat bernama Matahari Aluna.

Sekuat-kuatnya Aluna, ternyata luka itu pula yang menghentikan langkahnya. Keputusan bahwa mencukupkan hubungan bersama Sagara adalah pilihan yang final ia tetapkan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Artis Pencipta Label
2021 Tak Lagi Sama Salshabilla Adriani Pika Iskandar Trinity Optima Production

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Selama dua hari setalah penayangan—pada 20 Juni 2021, film pendek "Tak Lagi Sama" berhasil menduduki posisi pertama trending video di YouTube Indonesia, dengan jumlah penayangan lebih dari 2,5 juta. Film ini bahkan mampu menggeser video wawancara Deddy Corbuzier bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah ditonton sebanyak 10 juta orang yang sebelumnya berada di posisi pertama.

Pro kontra[sunting | sunting sumber]

Kurang lebih 22 ribu komentar warganet membanjiri unggahan video tersebut. Ada yang pro dengan film tersebut dengan alasan film ini terasa ringan dengan makna yang dalam. Para pemeran berperan dengan baik dan beragam komentar lain yang mendukung dan menyukai film ini.

Film ini juga mendapat komentar negatif dari publik, karena terdapatnya salah satu scene dimana mereka tinggal satu atap dan Aluna tidur tepat disamping Sagara yang diketahui pada film tersebut status hubungan dari keduanya masih pacaran.

Walaupun hanya sekedar peran atau film banyak yang berpendapat bahwa tidak layak ditonton oleh anak di bawah umur karena film ini mengambil cara budaya barat. Sedangkan budaya Indonesia masih terlalu sensitif untuk hal yang samacam itu.[3]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Berangkat dari kesuksesan film pertama yang sempat memuncaki trending YouTube, Made Entertainment merespons akhir cerita yang menggantung dan ulasan positif para penonton dengan memproduksi sekuel film.

Sekuel ini kembali disutradarai oleh Yusuf Mahardika dan menampilkan kembali Salshabilla Adriani sebagai pemeran utama. Terdapat pula dua pemain baru yaitu Jourdy Pranata dan Elisakh Hagia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhafira, Arnidhya Nur (2021-06-22). Putri, Maria Rosari Dwi, ed. "Salshabilla Adriani & Yusuf Mahardika buat film pendek "Tak Lagi Sama"". ANTARA News. Diakses tanggal 2021-08-25. 
  2. ^ Aini, Desri (2021-06-21). "Short Movie Shalsabilla 'Tak Lagi Sama' Trending 1 di Youtube, Intip Kisah Ceritanya". Pikiran-Rakyat.com. Diakses tanggal 2021-08-25. 
  3. ^ AG, Nensi Dewi Pratiwi (2021-06-23). "Pro Kontra Film Pendek Tak Lagi Sama, Trending 1 di Youtube". Pikiran-Rakyat.com. Diakses tanggal 2021-08-25.