Taiyaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Taiyaki
Taiyaki sedang dipanggang

Taiyaki (たい焼き、鯛焼き、たいやき、タイヤキ?) adalah kue Jepang berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, vla, keju, atau sosis. Sama halnya dengan adonan dorayaki atau panekuk, adonan taiyaki dibuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, bakpuder, telur ayam, dan air.

Dalam bahasa Jepang, tai (?) adalah sebutan untuk semua ikan dari familia Sparidae. Loyang untuk memanggang kue berbentuk ikan, sehingga disebut taiyaki (dalam bahasa Jepang, yaki berarti panggang). Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merah yang sampai di bagian ekor.[1]

Kue taiyaki menjadi tema lagu "Oyoge! Taiyaki-kun" ("Ayo berenang! si Taiyaki") yang dinyanyikan Masato Shimon. Hingga saat ini, singel tersebut merupakan singel terlaris dalam sejarah industri rekaman Jepang.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Taiyaki awalnya adalah imagawayaki yang dicetak dalam berbagai bentuk binatang. Di Jepang, ikan tai adalah ikan mahal yang hanya dimakan rakyat untuk kesempatan istimewa. Penjual imagawayaki juga membuat kuenya berbentuk ikan agar rakyat yang jarang memakan ikan tai menjadi senang. Selain itu, ikan tersebut dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, sehingga imagawayaki dalam bentuk ikan populer sebagai taiyaki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barakan, Mayumi Yoshida.; Judith Connor Greer (1996). Tokyo City Guide. Tokyo City Guide. ISBN 0-8048-1964-5. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]