Taina Elg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Taina Elg
Taina Elg.jpg
Elg di Midnight Sun Film, 16 Juni 2012
Lahir9 Maret 1930 (umur 89)
Impilahti, Finlandia[1]
Warga negaraAmerika Serikat
Tahun aktif1941–2006
Suami/istriCarl Björkenheim
(k. 1953; c. 1958)

Rocco Caporale
(k. 1985; kematiannya 2008)
AnakRaoul Björkenheim
Orang tuaHelena Dobroumova
Åke Elg

Taina Elisabeth Elg (lahir 9 Maret 1930) adalah seorang aktris dan penari Finlandia-Amerika. Dia telah tampil di panggung, televisi dan film. Pada tahun 1957, ia berhasil memenangi penghargaan Golden Globe for the Foreign Newcomer Award - Female. Dia juga memenangkan Penghargaan Golden Globe pada tahun 1958 kategori Best Motion Picture Actress - Musical/Comedy untuk penampilannya dalam Les Girls, bersama dengan lawan mainnya Kay Kendall.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Taina Elg pada tahun 1955

Eig lahir pada tahun 1930 di Impilahti, Finlandia (saat ini Impilakhti Rusia), namun kemudian dibesarkan di Turku oleh kedua orangtuanya, Helena Dobroumova (keturunan Rusia) dan Åke Elg, seorang pianis.

Ia dikontrak selama tujuh tahun oleh Metro-Goldwyn-Mayer pada pertengahan tahun 1950-an.[2] Pada tahun 1957 ia memenangi Penghargaan Golden Globe untuk kategori Pendatang Baru Asing Wanita Terbaik. Ia kembali memenangi Penghargaan Golden Globe pada tahun 1958 untuk kategori |Best Motion Picture Actress – Musical/Comedy berkat penampilannya dalam film Les Girls, bersama dengan rekannya Kay Kendall.

Pada tahun 1958, ia dinominasikan untuk Penghargaan Golden Laurel sebagai Top New Female Personality. Pada tahun 1975 ia dinominasikan dalam Tony Award untuk penampilannya sebagai Donna Lucia Alvarez pada film Where's Charley?. Dia muncul dalam produksi orisinal Broadway Nine sebagai ibu Guido Contini. Pada tahun 1989 ia berperan sebagai Lea dalam film Chéri, yang disadur sebuah novel berjudull Colette yang diadaptasi oleh Anita Loos.[3]

Pada tahun 1980 ia berperan sebagai Dr. Ingrid Fischer di drama siang CBS (opera sabun) Guiding Light.

Dari 1980-1982 ia memainkan Olympia Buchanan, istri pertama taipan Asa Buchanan, pada opera sabun ABC One Life to Live. Karakternya, yang ditahan oleh Asa selama berbulan-bulan, memiliki urutan kematian yang mudah diingat, jatuh di atas balkon pada sebuah pesta kostum (yang berlangsung hampir sebulan!) dan memberi tahu putranya yang bernama Bo (secara salah) bahwa Asa bukanlah ayahnya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Putranya dengan pernikahan pertamanya dengan Carl Björkenheim, yang berakhir dengan perceraian pada tahun 1958, adalah seorang gitaris jazz Finlandia-Amerika Raoul Björkenheim. Pada tahun 1982, ia menikah lagi dengan Rocco Caporale, seorang pendidik dan profesor sosiologi Italia. Mereka tinggal di New York City.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pementasan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elg, Taina (1930–). Kansallisbiografia. (Full text requires subscription.) (Finlandia)
  2. ^ http://www.finlandcenter.org/interview-with-finnish-american-acting-legend-taina-elg/
  3. ^ On Stage; New York Times; 28 April 1989

Pranala luar[sunting | sunting sumber]