Tahil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tael)
Tahil
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Nama Indonesia
Indonesia: tahil
Nama Jepang
Kanji:
Hiragana: りょう
Nama Korea
Hangul:
Hanja:
Nama Melayu
Melayu: tahil
Nama Mongolia
Mongolia: лан
Nama Vietnam
Vietnam: lượng, lạng
Hán tự:
Nama Thai
Thai: ตำลึง
Romanisasi: tamlueng
Nama Buryat
Buryat: лан

Tahil atau tael adalah satuan ukuran berat sekitar 37,8 gram.[1] Tahil dapat merujuk kepada satu dari beberapa satuan massa di kawasan Timur Jauh. Paling lazimnya, istilah tahil merujuk pada tahil Tiongkok (Hanzi tradisional: ; Hanzi: ; Pinyin: liǎng), sebagai bagian dari sistem pengukuran massa dan mata uang. Terdapat banyak standar massa tahil yang berbeda-beda bergantung pada wilayah atau jenis perdagangan. Secara umum, tahil perak bermassa kira-kira 40 gram. Pengukuran versi pemerintah yang paling lazim adalah tahil Kùpíng (庫平 "standar pusaka"), bermassa 1,2 Troy ons (37,3 gram). Massa komersial yang paling lazim adalah, tahil Cáopíng (漕平 "standar pengapalan terusan") yakni sebesar 1,18 Troy ons (36,7 g) perak yang tidak begitu murni.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah tahil di dalam bahasa Indonesia, tahil, berasal dari istilah bahasa Melayu, tahil, yang artinya "bobot" dan tahil digunakan di dalam bahasa Melayu dan bahasa Inggris masa kini ketika merujuk pada bobot di Malaysia, Singapura, dan Brunei yang mana saat ini istilah tersebut masih digunakan di dalam beberapa konteks terkhusus berkaitan dengan populasi Tionghoa seberang lautan yang signifikan.

Di dalam bahasa Tionghoa, tahil dituliskan sebagai atau (simplified Chinese: ) dan dituturkan sebagai liǎng di dalam bahasa Mandarin, leung di dalam bahasa Kanton dan niú atau nió• di dalam bahasa Hokkien. Teel menjadi ukuran massa yang sah di Hong Kong, dan masih digunakan hingga saat ini.[2]

Di dalam bahasa Tionghoa, frasa "setengah kati, delapan tahil" ("半斤八兩"), berarti dua ungkapan yang berbeda dari hal yang sama, sama saja denga frasa bahasa Inggris Six of one and half-a-dozen of the other (enam dari selusin dan setengah lusin) masih digunakan saat ini.

Nilai tukar tahil[sunting | sunting sumber]

Nama Tahil telah diterap ke sejenis mata uang emas Indonesia mulai dari zaman kerajaan Sailendra / Syailendra di pulau Jawa. Berat mata uang sudah jadi 2.5 Gram, dengan gambar lingam. Gambar uang logam itu di pranala luar, dibawah artikel ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2021-03-03. 
  2. ^ "Weights and Measures Ordinance". The Law of Hong Kong. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]