Tabel mando

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tabel mando di Natuna

Tabel Mando atau juga dikenal dengan Tipeng Mando adalah makanan tradisional dari Natuna, Kepulauan Riau yang biasanya menjadi hidangan utama. Tabel Mando terbuat dari sagu butir dan dipipihkan di atas loyang tipis. Tabel Mando bisa disajikan dengan lauk pendamping seperti suwiran ikan tongkol, tuna, cumi atau gurita. Namun ada juga masyarakat yang biasanya menambahkan parutan kelapa muda.

Tabel Mando merupakan makanan khusus yang tercipta akibat faktor cuaca ekstrim dan kurangnya pasokan bahan makanan. Untuk bertahan dari kondisi musim utara di Natuna dan cuaca yang dingin, masyarakat membuat makanan pengganti. Terlambatnya pasokan bahan makanan yang datang dari luar pulau Natuna juga mempengaruhi terciptanya makanan ini.[1].

Tabel Mando juga sering disebut sebagai pizza ala Natuna dikarenakan bentuknya yang bulat dan pipih dan mirip dengan Pizza meski secara penampilan lebih mirip dengan Kerak Telor. Namun komposisi bahan pembuat dan rasanya adalah hal yang paling membedakan dengan pizza dan kerak telor. Selain sagu butir, kelapa parut dan suwiran ikan, Tabel Mando juga ditambahkan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan garam.

Cara pembuatan[sunting | sunting sumber]

Cara membuat Tabel Mando adalah :

Pertama yang dilakukan adalah menyangrai sagu sambil dicampurkan dengan kelapa parut dan suwiran ikan. Lalu masukkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan garam. Sembari memasukkan bumbu, adonan ditipiskan dengan tangan atau alat penekan lainnya. Adonan bisa ditambahkan sedikit air jika terasa terlalu kering. Adonan bisa dibalik untuk meratakan kematangannya.[2].

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Inge, Nefri (8 Juli 2021). "Tabel Mando, Pizza ala Nusantara yang Jadi Makanan Khas Natuna". Melayupedia. Diakses tanggal 15 February 2022. 
  2. ^ Winovan, Hamka (28 November 2021). "Mencicipi Makanan Khas Natuna: dari Olahan Sagu hingga Ikan". CNN Indonesia. Diakses tanggal 15 February 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]