TC Televisión

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

TC Televisión adalah jaringan televisi yang dimiliki negara di Ekuador. Jaringan ini didirikan pada tahun 1969 dan didanai secara komersial selama bertahun-tahun hingga tahun 2011 ketika The Isaias Group mengalami gugatan hukum dan dijual kepada unit pemerintah negara bagian, sejak saat itu saluran ini dimiliki oleh SERTVSA (Sistema Ecuatoriano de Radio y Televisión).

Pada tanggal 9 Januari 2024, sekelompok penjahat yang bersenjatakan senjata dan bahan peledak mengambil alih ruang redaksi stasiun televisi ini, menyandera pembawa acara berita dan mengancam mereka saat siaran langsung, meskipun polisi kemudian mengatakan bahwa semua staf telah dibebaskan dan bahwa mereka telah melakukan 13 penangkapan terkait insiden tersebut. Peristiwa tersebut mungkin merupakan respon terhadap pelarian José Adolfo Macías Villamar, pemimpin Los Choneros, sebuah kartel narkoba Ekuador, meskipun belum dapat dipastikan apakah hal tersebut berkaitan dengan pelarian tersebut.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ecuador declares war on armed gangs after TV station attacked on air" (dalam bahasa Inggris). 2024-01-09. Diakses tanggal 2024-01-10.