Kartel narkoba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta kartel narkoba di Meksiko pada 2008

Kartel narkoba adalah organisasi kriminal yang terdiri dari gembong narkoba independen yang berkolusi satu sama lain untuk meningkatkan keuntungan dan mendominasi perdagangan obat-obatan terlarang. Kartel narkoba terbentuk dengan tujuan mengendalikan pasokan perdagangan obat-obatan terlarang dan menjaga harga pada tingkat yang tinggi. Pembentukan kartel narkoba biasa terjadi di negara-negara Amerika Latin. Persaingan antara beberapa kartel narkoba menyebabkan mereka saling berperang satu sama lain.[1]

Struktur dasar kartel narkoba adalah sebagai berikut:

  • Elang: Dianggap sebagai "mata dan telinga" jalanan, "elang" adalah peringkat terendah dalam kartel narkoba mana pun. Mereka adalah pramuka yang bertugas melakukan pengintaian, seperti melaporkan kegiatan polisi, militer, dan kelompok lawan.[2]
  • Hitmen: Kelompok bersenjata dalam kartel narkoba, bertanggung jawab melakukan pembunuhan, penculikan, pencurian dan pemerasan, menjalankan sistem perlindungan, serta mempertahankan wilayah mereka dari kelompok saingan dan militer.[3][4]
  • Letnan: Posisi tertinggi kedua dalam organisasi kartel narkoba, bertanggung jawab mengawasi para pembunuh bayaran dan elang di wilayah mereka sendiri. Mereka diperbolehkan melakukan pembunuhan kecil-kecilan tanpa izin atasan mereka.[5]
  • Gembong narkoba: Posisi tertinggi dalam kartel narkoba mana pun, bertanggung jawab mengawasi seluruh industri narkoba, menunjuk pemimpin teritorial, membuat aliansi, selain merencanakan pembunuhan besar-besaran.[6]

Ada kelompok operasi lain dalam kartel narkoba. Misalnya, produsen dan pemasok narkoba,[7] meskipun tidak dimasukkan dalam struktur dasar, merupakan operator penting dalam kartel narkoba, bersama dengan penyelundup, distributor, penjual, akuntan, dan pencuci uang.[8][9][10] Selain itu, pemasok senjata beroperasi dalam lingkaran yang sangat berbeda;[11] mereka secara teknis tidak dianggap sebagai bagian dari logistik kartel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Drug cartel". Britannica.com. 
  2. ^ "Va Marina por 'halcones del crimen organizado". Blog del Narco. 21 April 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 August 2011. 
  3. ^ Bowden, Charles (Feb 6, 2011). "El sicario, un documental proscrito en México (1)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-11. 
  4. ^ Bowden, Charles F (Feb 6, 2011). "El sicario, un documental proscrito en México (2)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-30. 
  5. ^ "Ejército detiene a lugarteniente del cártel del Golfo". El Universal. 2 June 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2012. 
  6. ^ "DATOS — Principales capos de la droga en México". International Business Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2012. Diakses tanggal November 6, 2010. 
  7. ^ "Uncovering the link between the Mexican drug cartels" (PDF). National Defense University: Center for Hemispheric Defense Studies. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-06-15. 
  8. ^ "Las 5 caras del lavado de dinero". CNNExpansión. 8 June 2010. 
  9. ^ "Cae 'El Adal' operador financiero de los Zetas". TV Milenio. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2015. Diakses tanggal 3 August 2011. 
  10. ^ "Cae 'El Míchel' operador financiero de Los Zetas en Aguascalientes". Tele Diario. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2015. Diakses tanggal 3 August 2011. 
  11. ^ "Entrevista a el Mamito, presunto fundador de los Zetas". CNN Videos. Jul 6, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-29.